Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Umum Indonesian Diaspora Network – Global (IDN-Global),  Said Zaidansyah mengatakan Konferensi Diaspora Indonesia ke-5 fokus pada penguatan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia.

"Karena itu dalam konferensi diaspora kali ini mengangkat tema 'Memberdayakan SDM Indonesia' (Empowering Indonesia’s Human Capital)," ujar Said dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan Diaspora Indonesia berjumlah sekitar 8 juta dan mereka siap untuk terlibat dalam meningkatkan pembangunan Indonesia khususnya Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga: IDN Global data diaspora asal Indonesia

"Di negara lain, Diaspora berperan dalam memajukan ekonomi dan SDM," ujar Said.

India dan China, lanjut dia, adalah contoh bagaimana kedua negara tersebut dapat memaksimalkan diaspora mereka.

"Teknologi di India itu bisa berkembang karena dorongan diaspora India di Silicon Valley. Begitupun juga diaspora China yang berperan dalam meningkatkan ekonomi negeri tirai bambu itu," kata dia.

Diaspora apabila digarap serius dapat meningkatkan pembangunan ekonomi Indonesia.

"Tidak hanya melalui uang yg mereka kirim ke Indonesia, tetapi dengan jaringan, pengalaman, dan ilmu mereka yang dapat meningkatkan ekonomi Indonesia," ujar Said.

Ia menerangkan bahwa tema kali ini juga sejalan dengan arahan Presiden Jokowi perihal pembangunan SDM dan Diaspora.

Baca juga: Temu Diaspora Indonesia dari 15 negara di Eropa

"Bahwa salah satu tujuan utama dari kegiatan diaspora selama ini adalah pembangunan SDM sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo pada saat pidato kebangsaan di Sentul beberapa waktu yang lalu dimana beliau menyoroti perihal pembangunan SDM," kata Said.

Presiden Jokowi mengatakan Pembangunan SDM, lanjut Said, sebagai kunci masa depan Indonesia dan dukungan kepada Diaspora Indonesia untuk dapat memberikan sumbangan kepada percepatan pembangunan Indonesia.

Kongres ini akan mempertemukan Diaspora Indonesia untuk berdiskusi mengenai isu dan tantangan pembangunan Sumber Daya Manusia dari berbagai sektor, baik itu dari sisi ekonomi, politik, sosial, dan budaya.

Tujuan akhir dari konferensi ini akan berfokus pada penguatan peran Diaspora Indonesia dalam peningkatan kualitas SDM.

Baca juga: Kongres Diaspora 5 akan fokus pada akselerasi Indonesia
 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019