counter

Serangan Pemerintah Suriah tewaskan satu, lukai lima orang di Idlib

Serangan Pemerintah Suriah tewaskan satu, lukai lima orang di Idlib

Suasana Kota Idlib setelah serangan (Anadolu Agency)

Idlib, Suriah (ANTARA) - Satu warga sipil tewas dan lima lagi cedera di Kota Idlib di bagian barat-laut Suriah, kata kelompok pertahanan sipil Helm Putih pada Ahad (4/8).

Pemerintah Presiden Bashar al-Assad menyerang Kabupaten Khan Shaykhun di zona penurunan ketegangan Idlib, Kafr Zita di utara desa Hama, dan kabupaten di dekatnya dengan mortir dan bom.

Seorang perempuan sipil tewas di Bidama di pinggir barat Idlib, dan lima orang lagi tewas dalam serangan selanjutnya, kata Kantor Berita Turki, Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin.

Turki dan Rusia sepakat pada September lalu untuk mengubah Idlib jadi zona penurunan ketegangan, tempat perbuatan agresi dengan jelas dilarang.

Baca juga: Lavrentiev: Organisasi teror kuasai Idlib, harus diperangi

Namun Pemerintah Suriah dan sekutunya terus melanggar ketentuan gencatan senjata, dengan sering melancarkan serangan ke dalam zona penurunan ketegangan.

Zona penurunan ketegangan saat ini dihuni oleh sebanyak empat juta warga sipil, termasuk ratusan ribuan orang yang kehilangan tempat tinggal oleh pasukan pemerintah dari kota besar dan kecil tempat tinggal mereka di seluruh negara yang dicabik perang itu dalam beberapa tahun belakangan ini.

Baca juga: Al-Jaafari: Jutaan warga Suriah mohon mereka dibebaskan dari terorisme

Suriah telah diguncang oleh perang saudara kejam sejak awal 2011, ketika pemerintah Bashar menindak protes pro-demokrasi dengan kekuatan yang tak pernah terjadi sebelumnya.

Sejak itu, ratusan ribu orang telah tewas dan lebih dari 10 juta orang lagi kehilangan tempat tinggal, kata para pejabat PBB.

Baca juga: Rusia, Turki jadi mediator gencatan senjata di Idlib Suriah

Sumber: Anadolu Agency

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Satu orang meninggal akibat gempa beruntun di Ambon

Komentar