Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengapresiasi acara fasilitasi sertifikasi barista yang digelar oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Barista Indonesia di Jakarta Barat, Selasa.

"Ini bukan sekadar peristiwa, ini peristiwa bersejarah," kata Wali Kota Jakarta Barat pada acara tersebut.

Upaya ini, kata dia, sangat mulia dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, khususnya bagi warga di Jakarta Barat.

Ia mengatakan para peserta yang mengikuti sertifikasi profesi barista tersebut adalah orang-orang yang bisa membaca peluang yang sangat luar biasa.

Ia melihat usaha kedai kopi di Indonesia, khususnya di Jakarta, saat ini berkembang sangat pesat seiring dengan makin banyak orang yang suka minum kopi.

Dahulu kopi hanya disukai para orang tua. "Sekarang anak-anak muda juga suka minum kopi dan sudah jadi tren sekarang orang-orang mampir di kedai kopi," kata dia.

Dia juga suka minum kopi, bahkan menjadi pecandu kopi.

"Tidak ada acara saja saya minum kopi tiga kali sehari. Apalagi kalau ada acara, bisa lebih dari itu," tuturnya.

Baca juga: Sertifikasi profesi barista digelar LSP di Jakarta Barat
Baca juga: Indonesia tuan rumah kompetisi barista ASEAN


Dia berharap dengan adanya sertifikasi tersebut akan ada banyak lagi warga di DKI, khususnya di Jakarta Barat yang mendapatkan peluang untuk mengembangkan kreativitas mereka.

Ia juga berharap dengan terbukanya peluang baru di industri kreatif akan semakin banyak pula lapangan kerja sehingga mengurangi angka pengangguran di Jakarta, terutama di Jakarta Barat.

"Dengan adanya peluang baru di industri kreatif ini, maka semakin berkurang angka pengangguran. Dengan turunnya angka pengangguran, maka akan semakin baik pula pertumbuhan ekonomi di Indonesia," kata dia.

Baca juga: Para barista Indonesia siap bertarung di Amerika Serikat
Baca juga: Indonesia Coffee Event untuk munculkan barista terbaik
Baca juga: IPB buka Sekolah Kopi angkatan pertama


Sertifikasi profesi barista tersebut merupakan acara ketiga yang digelar pada tahun ini dan yang ke-12 sejak pertama kali diadakan.

Pada acara kali ini, 100 orang terpilih dari 450 pendaftar yang ingin mengikuti sertifikasi barista.

Acara sertifikasi barista tersebut dipelopori oleh Bekraf bekerjasama dengan LSP Barista Indonesia guna memenuhi permintaan barista yang semakin hari semakin bertambah seiring dengan perkembangan usaha kedai kopi di Jakarta.

Pewarta: Katriana
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019