Saya bangga dan senang dapat melayani pesanan untuk hewan kurban dari Presiden Jokowi
Boyolali (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memesan dua ekor sapi ukuran jumbo untuk hewan kurban pada Hari Idul Adha 1440 Hijriah dari seorang peternak di Dukuh Pilangsari, Desa Potronayan, Kecamatan Nogosari. Kabupaten Boyolali, Jateng.

Peternak penggemukan sapi "Lembu Suro", Andi Saputro (30), di Pilangsari RT 06 RW 01 Desa Potronayan, Nogosari Boyolali, Selasa, mengatakan, usaha peternakan sapi Lembu Suro miliknya selain melayani untuk hewan kurban, juga dipotong untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging di wilayah Boyolali.

Menurut Andi Saputra memang ada utusan Presiden Jokowi dari Jakarta ke tempat peternaknya di Desa Potronayan untuk mencari sapi untuk hewan kurban.

Mereka setelah melihat-melihat kondisi kesehatan hewan sapi kemudian memilih dua ekor sapi yang ukuran jumbo untuk hewan kurban di mesjid Solo.

"Dua ekor sapi pesanan Pak Jokowi, yakni jenis simental dengan ukuran berat jumbo 1,3 ton per ekornya dengan harga Rp100 juta, sedangkan satu lainnya 1,1 ton di bawah Rp100 juta per ekor," katanya.

Bahkan, kata Andi, utusan Presiden Jokowi tersebut juga membawa tim dari MUI Surakarta langsung memeriksa kondisi kesehatan hewan sapinya, dan dinyatakan sah untuk hewan kurban.

Menurut dia, sapi ukuran berat jumbo sekitar 1,3 ton tersebut mempunyai usia sekitar 4,5 tahun, sedangkan satunya berat 1,1 ton usianya sekitar 3,5 tahun.

"Dua ekor sapi kurban pesanan dari Pak Jokowi itu, akan dikirim satu ekor di Masjid Agung Solo, dan satu ekor lainnya untuk dikurbankan di Masjid Al Wustho barat Pura Mangkunegaran Solo," katanya.

Menurut dia, pengiriman sapi kurban milik Jokowi ke dua masjid itu direncanakan Sabtu (10/8) petang.

Andi mengatakan usaha penggemukan sapi yang ditekuni sejak 2007 itu merupakan usaha turun temurun dari kakeknya.

"Selain melayani untuk hewan kurban, juga pemotongan untuk kebutuhan daging di Boyolali. Saya setiap hari rata-rata memotong sapi 7 hingga 8 ekor di tempat pemotongan hewan ternak Ampel Boyolali," katanya.

Usahanya ini, kata dia, berawal dengan modal memiliki empat ekor sapi, dan kemudian dikembangkan hingga sekarang mencapai 132 ekor yang terbagi di dua tempat peternakan di Boyolali.

Jenis sapi yang dipelihara ada limosin, simental, brangus, PO, dan sapi jawa.

Harga hewan sapi yang termurah dijual sekitar Rp22 juta dan termahal sekitar Rp100 juta per ekor jenis simental dan limosin.

"Saya bangga dan senang dapat melayani pesanan untuk hewan kurban dari Presiden Jokowi. Usaha peternakan penggemukan sapi Lembu Suro Desa Potronayan ini bisa menjadi terkenal dan banyak pesanan," katanya. 

Baca juga: Jokowi sumbang sapi kurban di Gorontalo
Baca juga: Sapi kurban terberat milik Presiden Jokowi di Istiqlal
Baca juga: Presiden Jokowi berkurban sapi di Masjid Sunda Kelapa

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019