counter

Jangan bilang durian terbaik dan terenak, sebelum ikuti kontes ini

Jangan bilang durian terbaik dan terenak, sebelum ikuti kontes ini

Durian asal Kalbar (dedi)

Nah, momen kontes ini bisa membuktikannya dengan berbagai jenis dan asal daerah di Kalbar siapa yang memang terbaiknya
Pontianak (ANTARA) - Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalimantan Barat (Kalbar), Heronimus Hero menantang para pemilik kebun durian untuk mengikuti kontes durian unggul Kalbar di acara Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019.

"Selama ini banyak pemilik durian mengklaim atau daerah duriannya yang terbaik dengan segala kelebihan. Nah, momen kontes ini bisa membuktikannya dengan berbagai jenis dan asal daerah di Kalbar siapa yang memang terbaiknya," ujarnya di Pontianak, Rabu.

Hero menjelaskan bahwa Kalbar merupakan sumber plasma nutfah dan pusat keanekaragaman jenis durian di dunia, dari sekitar 30 spesies durian yang ada di dunia, dari sekitar 20 di antaranya tumbuh di Indonesia dan 18 jenisnya berasal dari Kalbar.

"Durian merupakan buah tropis yang memiliki aroma khas dan rasa yang khas, durian juga mengandung karbohidrat, kalsium, serat, zat besi, vitamin C dan B komplek yang tinggi. Buah durian juga disebut dengan julukan raja buah oleh Alfred Russel Wallace, seorang ahli botani tahun 1856. Sampai saat ini pun, durian masih tetap dikenal sebagai raja buah dari hutan tropis dan memiliki banyak penggemar," kata Heronimus.

Dengan kekayaan Kalbar akan buah durian dan banyaknya penggemar, Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019 penting dilaksanakan untuk mengenalkan dan mempromosikannya kepada semua pihak.

"Kita harapkan juga melalui kegiatan ini selain untuk mengangkat potensi pariwisata yang ada di Kalbar, juga sebagai ajang pemberi apresiasi kepada petani terhadap durian-durian unggul yang berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat," terang dia.

Kontes durian unggul satu di antara dari rangkaian Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019 yang akan digelar di Halaman A Yani Mega Mall Pontianak pada 24 hingga 27 Agustus 2019 mendatang. Kegiatan kontes sendiri tersebut dilaksanakan pada 26 Agustus 2019 di Halaman Parkir A Yani Megamall Pontianak mulai pukul 15.00 WIB.

Tahun ini, kontes dan festival perdana tingkat provinsi terbesar di Kalbar. Hadiah kontes sendiri juga fantastis yakni Juara I Rp30.000.000, Juara II Rp15.000.000, Juara III Rp7.500.000, Harapan I Rp3.500.000, Harapan II Rp3.000.000 dan Harapan III Rp2.500.000.

Kegiatan yang juga didukung Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalbar tersebut, diisi dengan kegiatan lainnya seperti makan durian gratis, bazar buah, bibit, dan hasil olahan durian, pameran hasil kreatif berbahan durian, sarasehan durian, lomba duta pertanian 2019, lomba tanaman hias, kontes foto Instagram, lomba mural, lomba membuat dessert durian, lomba panjat pinang, fun zumba, lomba mewarnai TK dan SD, lomba peragaan busana TK dan SD, serta lomba tari remaja.

Pewarta: Dedi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Berburu durian Aceh

Komentar