Gim atau aplikasi yang lebih baik hilangkan stres?

Gim atau aplikasi yang lebih baik hilangkan stres?

Pengguna ponsel sedang memainkan game PlayerUnknown's Battlegrounds atau populer dengan nama PUBG. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)

Jakarta (ANTARA) - Sebuah penelitian yang dilakukan di University College London dan The University of Bath, mengungkap salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan stres setelah seharian bekerja yakni bermain gim di ponsel.

Bahkan menurut penelitian itu, gim di ponsel jauh lebih efektif daripada aplikasi mindfulness yang diciptakan untuk membantu penggunanya agar tenang, mengontrol pernapasan mereka, dan berlatih meditasi.

Penelitian dilakukan lewat dua percobaan untuk mengambil data. Pertama, peneliti meminta 45 siswa untuk bersantai melalui media yang berbeda setelah tes matematika.

Percobaan kedua, peneliti meminta 20 peserta untuk menggunakan permainan ponsel pintar atau aplikasi mindfulness untuk bersantai setelah bekerja.

Baca juga: Stres bikin otak mengecil

Kedua percobaan itu menunjukkan mereka yang memilih gim ponsel pintar lebih santai dan lebih terkendali, demikian seperti dilansir Medical Daily, beberapa waktu lalu.

"Untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang kita, kita harus dapat bersantai dan memulihkan diri setelah bekerja. Studi kami menunjukkan bermain gim digital bisa menjadi cara yang efektif untuk melakukan itu," kata penulis utama penelitian itu, Dr Emily Collins.

Emily juga mencatat bahwa pemulihan dan relaksasi pasca-bekerja jauh lebih efektif ketika seseorang benar-benar menikmati permainan di ponselnya itu dan bukan hanya untuk sekadar menghabiskan waktu saja.

Baca juga: 5 fitur yang hanya ada di ponsel jadul

Penerjemah: Heppy Ratna Sari
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

RSJ Sambang Lihum siap tampung Caleg stres

Komentar