counter

Menkes dorong kaum ayah dukung program ASI dengan membahagiakan ibu

Menkes dorong kaum ayah dukung program ASI dengan membahagiakan ibu

Ilustrasi dukungan Ayah kepada Ibu menyusui (Shutterstock) (Shutterstock/)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Nila Moeloek mendorong peran kaum ayah mendukung program pemenuhan ASI eksklusif dengan cara membahagiakan para ibu setelah melahirkan.

Menkes di Jakarta, Rabu mengatakan dukungan ayah dengan membuat ibu bahagia akan mampu memperlancar produksi ASI ibu sehingga bayi tidak kesulitan mendapatkan nutrisi.

"Karena ternyata dibuktikan, dengan ibunya dalam keadaan senang, happy, akan mengeluarkan hormon oksitosin, salah satunya yang membuat ibu lebih sehat," kata Nila.

Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ayah dalam mendukung ASI ialah dengan memberi kesempatan ibu beristirahat. Ayah harus memastikan ibu cukup istirahat dan makan, serta menjaganya agar tidak stres.

Selain itu ayah juga bisa memberikan dukungan moral pada ibu yang sedang lelah dengan ikut bangun di malam hari saat ibu menyusui. Sesudahnya, ayah juga bisa membantu menyendawakan bayi sesudah menyusui dengan menggendong di bahu ayah.

Peran ayah yang menyenangkan hati ibu, katanya, juga bisa dengan membantu membersihkan rumah, dan membantu menggantikan popok.

Seorang ayah juga harus menjadi penyemangat ibu nomor satu dalam memberikan ASI kepada bayi. Salah satunya dengan selalu mengingatkan dan mendukung ibu dalam memberikan ASI, serta menjadi garda terdepan saat semua pihak di lingkungan tidak mendukung.
Baca juga: Menkes minta para ayah dukung ibu menyusui anaknya
Baca juga: Suami perlu ciptakan suasana tenang demi kelancaran ASI
Baca juga: Pentingnya dukungan moral suami bagi Maya Septha saat menyusui


Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menkes gandeng enam kementerian dukung Nusantara Sehat

Komentar