Kemendes luncurkan buku "Manfaat Dana Desa"

Kemendes luncurkan buku "Manfaat Dana Desa"

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo. ANTARA/Ho-Kemendes PDTT/aa.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meluncurkan buku "Manfaat Dana Desa" di sebuh hotel di Jakarta, Rabu.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan buku itu adalah rangkuman dari parktik-praktik baik yang dilakukan desa selama menggunakan dana desa.

"Dengan adanya buku ini, diharapkan desa-desa lain dapat mencontoh keberhasilan desa yang ada di dalamnya. Rencananya buku ini akan diberikan ke setiap desa yang ada di Indonesia," katanya.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi Kemendes PDTT Eko Sri Haryanto mengatakan buku tersebut merupakan hasil kerja sama dengan 33 perguruan tinggi.

"Perguruan tinggi telah berhasil merangkum cerita-cerita keberhasilan desa dalam mengelola dana desa secara kuantitatif ke dalam buku ini," katanya.

Buku Manfaat Dana Desa terdiri dari 35 buku, di mana 33 ditulis oleh perguruan tinggi yang bergabung dalam Forum Perguruan Tinggi untuk Desa dan dua kompilasi bersifat nasional yang ditulis oleh Kemendes PDTT.

Eko mengatakan buku tersebut telah mencatat jejak pembangunan di desa dengan memanfaatkan dana desa.

"Desa telah mampu memberikan kontribusi manfaat yang besar dalam pembangunan, baik dalam infrastruktur, pendidikan, kesehatan, bahkan lingkungan," kata dia.
Baca juga: Perwakilan desa cerita manfaat dana desa
Baca juga: Presiden: Manfaat dana desa untuk jangka panjang

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemendes PDTT gelar sertijab menteri baru

Komentar