Jakarta (ANTARA) - Pereli nasional Rifat Sungkar dipastikan turun gunung untuk tampil pada NZRC Goldrush Rally of Coromandel di Moewai Park Whitianga New Zealand, 16-17 Agustus mendatang dan yang cukup istimewa adalah menggunakan kendaraan keluarga Mitsubishi Xpander.

"Memang benar, saya yang menggunakan Mitsubishi Xpander AP4 Concept, yang kemarin kami kenalkan di GIIAS 2019," kata Rifat Sungkar dalam perbincangan dengan media di Jakarta, Rabu,

Dipilihnya Xpander untuk kendaraan pacunya, Rifat mengaku banyak pertimbangan. Pereli yang terakhir kali turun pada kejuaraan internasional di Amerika Sekitar 2013 itu mengaku jika kendaraan yang digunakan sepenuhnya asli buatan Indonesia dan ingin menggairahkan kembali reli nasional.

Meski demikian, pebalap yang membawa nama Xpander Rally Team itu mengaku membutuhkan perubahan yang mencolok agar kendaraan yang digunakan layak untuk turun dalam sebuah kejuaraan. Selain dikerjakan oleh timnya, kendaraan yang digunakan juga mendapatkan sentuhan dari Rally Art New Zealand.

"Semuanya harus disesuaikan. Kendaraan yang biasanya untuk keluarga, harus diubah untuk balap dan lintasannya berupa gravel. Hingga saat ini kendaraan masih dipersiapkan di New Zealand," kata Rifat menambahkan.

Datang dengan kendaraan baru, Rifat menjelaskan jika pihaknya tidak membidik hasil tinggi karena sasaran utamanya adalah membangun kendaraan reli yang berbasis kendaraan keluarga dalam hal ini Mitubishi Xpander.

"Di sana kita juga melakukan pengembangan. Bagaimana aerodinamisnya, suspensinya atau yang lain. Yang safety nomor satu," kata pria yang juga suami dari artis Sissy Priscillia itu.
 
Pereli Rifat Sungkar (kanan) dan sang navigator M Redwan berpose dengan Mitsubishi Xpander AP4 Concept yang bakal digunakan di reli New Zealand, 16-17 Agustus. ANTARA/Xpander Rally Team

Anak pasangan Helmy dan Ria Sungkar ini menjelaskan jika keberangkatannya ke Selandia Baru tidak bakal sia-sia. Jika nantinya tidak bisa memaksimalkan kendaraan Xpander AP4, pihaknya sudah menyiapkan plan-plan yang lain.

"Yang jelas kami juga ada misi lain. Misi memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, apalagi balapannya pas tanggal 17 Agustus," kata bapak dua anak itu.

Pada NZRC Goldrush Rally of Coromandel, Rifat Sungkar turun bersama M Redwan. Terkait dengan lintasan yang dilalui, juara nasional reli beberapa kali menjelaskan cukup berat karena Selandia Baru merupakan salah satu lokasi reli paling bergengsi.

"Untuk itu kami harus bersiap diri. Rencananya kami akan berangkat tanggal 11 Agustus. Selanjutnya tanggal 14 dan 15 tes kendaraan. Satu hari berikutnya survei dan tanggal 17 kita balapan," kata Rifat menerangkan.



 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019