Jakarta (ANTARA) - Aktris dan model Kelly Tandiono punya kebiasaan unik dalam menjaga lingkungan selama liburan yaitu membawa karung beras.

“Kalau lihat sampah, dipungut,” kata Kelly dalam acara #BijakBerplastik di Jakarta, Rabu.

Kelly memanfaatkan karung beras sebagai wadah untuk memungut sampah yang ditemukan saat berjalan-jalan. Kebiasaan itu telah dilakukan Kelly saat menjadi relawan di pulau Sumba.

Model berusia 32 tahun itu pun mengenang pengalaman menarik saat membersihkan sampah di pulau tersebut.

“Orang-orang sekitar di sana pada ngikutin,” ujar Kelly yang senang bisa menularkan hal baik pada sesama.

Kebiasaan memunguti sampah juga ia lakukan di mana pun, baik ketika berenang di laut ataupun ketika mengikuti olahraga triatlon.

Baca juga: Kelly Tandiono meracik minuman ini setiap pagi

Aksi memungut sampah ini juga dipraktikkan saat berada di tempat wisata. “Kan sedih ya, kalau banyak sampah di tempat wisata,” ujar mentor Asia’s Next Top Model 4 itu.

Pada 18 Agustus, Kelly punya rencana untuk plogging alias joging sambil memungut sampah. Gerakan yang dimulai dari Swedia itu akan berlangsung pada Hari Bebas Kendaraan yang berlangsung setiap Minggu di kawasan Bundaran HI, Jakarta.

“Sehatnya dapat, juga bisa jaga lingkungan,” ujarnya.

Pencinta olahraga itu juga mengaku sudah berkomitmen untuk mengurangi penggunaan sampah sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Dia membawa tas jinjing (tote bag) saat sedang berbelanja serta mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai. Kelly menggunakan tumbler sebagai tempat minum.

“Kalau bawa makanan pakai (wadah) container,” katanya.

Baca juga: Kelly Tandiono pernah dirundung gara-gara tinggi badan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019