Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, mengimbau masyarakat di kota itu, agar mengurangi atau tidak melakukan aktivitas di luar rumah, terutama di malam hari, karena kualitas ISPU (indeks standar pencemaran udara) sudah masuk ketegori tidak sehat.

"Tadi malam kualitas ISPU sudah masuk kategori kurang sehat, sehingga sebaiknya masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar rumah," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan, level atau kategori ISPU di Pontianak sudah di warna kuning artinya sudah tidak sehat.

"Karena itu akan kami pantau terus, apakah aktivitas belajar sekolah akan diliburkan atau belum, dampak dari Karhutla," kata Edi.

Karena, menurut dia, pengaruh atau dampak asap akibat Karhutla bisa berpengaruh per hari atau bahkan per jam. "Apabila angin kencang maka kabut asap akan berkurang, tetapi apabila sebaliknya, maka kabut asap akan semakin tebal," ungkapnya.

Saat ini, menurut dia, Pemkot Pontianak hanya bisa mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah di malam hari.

"Kalaupun harus keluar rumah sebaiknya menggunakan masker yang dibasahi agar partikel debu melekat di masker tersebut," katanya.

Dari pantauan di lapangan, asap pekat bercampur partikel-partikel debu akibat Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang terjadi di luar Kota Pontianak dan sekitarnya semakin terasa di wilayah Kota Pontianak sejak beberapa hari terakhir.

Baca juga: Sekolah di Pontianak diliburkan karena asap karhutla
Baca juga: Kabut asap tebal kembali selimuti kota Pontianak
Baca juga: 20 penerbangan Bandara Supadio tertunda akibat asap

 

Pewarta: Andilala
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019