Gorontalo (ANTARA) - Sebanyak 24 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) perwakilan Provinsi Gorontalo mendapatkan pengetahuan mengenai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Kepala Cabang PT Bank Mandiri Gorontalo, Iman Achmadi di Kota Gorontalo, Rabu.

"Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sahamnya mayoritas dimiliki oleh negara, dan negara adalah milik rakyat," ujar Imam.

Ia menjelaskan jika negara memiliki berbagai jenis BUMN yang bergerak di bidang masing-masing. BUMN adalag badan usaha yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung, modal tersebut berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.

"BUMN memiliki tujuan membantu untuk mensejahterakan masyarakat dan merupakan salah satu instrumen penting dalam menjalankan dan mengembangkan perekonomian nasional," ungkapnya.

Imam mengatakan bahwa materi mengenai BUMN adalah pengetahuan tambahan yang diperlukan oleh para peserta SMN Provinsi Gorontalo.

"Selain itu, pada kegiatan pembekalan ini juga para siswa diberikan pengetahuan tentang kebudayaan, faktor sosiologi, geografis dan alam dari Provinsi Jawa Timur yang menjadi daerah tujuan untuk proses adaptasi.

Iman mengatakan jika program SMN yang akan diikuti oleh 24 siswa Gorontalo dan guru berprestasi itu bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air kepada para peserta.

Rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Gorontalo diselenggarakan oleh Bank Mandiri selaku koordinator serta PT PPI, Djakarta Lloyd dan Indonesia Re selaku wakil koordinator.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2019