Rupa-rupa cara melihat gerhana matahari

  • Kamis, 26 Desember 2019 15:46 WIB

Seorang anak menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin parsial atau sebagian dengan menggunakan kacamata di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Medan, Sumatera Utara, Kamis (26/12/2019). Proses gerhana matahari cincin di Medan terjadi hanya 90,6 persen dan terlihat sebagian atau parsial yang dimulai dari 10.15 hingga berakhir 14.15 WIB. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/pras.

Pengunjung melakukan pengamatan fenomena Gerhana Matahari Parsial (GMP) melalui teleskop di Planetarium, kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta, Kamis (26/12/2019). Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana matahari di Jakarta terlihat sekitar 70 persen, fenomena tersebut terjadi hingga pukul 12.36 WIB. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pras.

Wisatawan melihat gerhana matahari cincin dengan menggunakan kacamata solar di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (26/12/2019). Gerhana matahari cincin dapat dilihat di sejumlah kota di Indonesia salah satunya di Batam yang berimbas meningkatnya kunjungan wisatawan asing ke Kota Batam. ANTARA FOTO/M N Kanwa/pras.

Warga melihat fenomena gerhana matahari sebagian menggunakan film rontgen, di Medan, Sumatera Utara, Kamis (26/12/2019). Fenomena gerhana matahari cincin dan sebagian dapat dilihat di sejumlah wilayah di Indonesia, di antaranya, Sumatera Utara, Riau dan Kalimantan Barat. ANTARA FOTO/Irsan Muyadi/pras.

Warga melihat matahari dengan menggunakan teropong di Masjid Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, Kamis (26/12/2019). Gerhana matahari cincin yang terjadi di sejumlah daerah dapat dilihat sebagian (parsial) di wilayah Surabaya. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/pras.

Warga melihat gerhana matahari dengan menggunakan kacamata khusus di Masjid Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, Kamis (26/12/2019). Gerhana matahari cincin yang terjadi di sejumlah daerah dapat dilihat sebagian (parsial) di wilayah Surabaya. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/pras.

Pengunjung menggunakan alat sederhana buatan sendiri dengan kaca film untuk melihat gerhana matahari cincin (GMC) di Kampung Bunsur Kabupaten Siak, Riau, Kamis (26/12/2019). Menurut LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) Kampung Bunsur di Kabupaten Siak, merupakan salah satu lokasi terbaik untuk melihat GMC karena terlihat jelas dan durasi puncak gerhana paling lama di Indonesia. ANTARA FOTO/FB Anggoro/pras.

Komentar

Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Berita Terkait