Ritual adat mengenang perjuangan I Gusti Ngurai Rai

  • Senin, 17 Februari 2020 08:55 WIB

Sejumlah umat Hindu menggelar upacara penyucian kawasan dan arwah para pahlawan di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Kabupaten Tabanan, Bali. Taman makam pahlawan seluas sekitar 25 hektare tersebut kini sebagai saksi bisu kisah heroik gugurnya 1.372 anggota pasukan Ciung Wanara saat mempertahankan kemerdekaan. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/pras.

Para pemuka agama Hindu memimpin persembahyangan dalam upacara adat Hari Puputan Margarana. Semangat patriotisme tersebut hingga sekarang masih menginspirasi warga desa di sekitar kawasan pertempuran itu dalam menjaga keharmonisan dan kerukunan. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/pras.

Warga Desa Adat Kelaci mengusung gebogan atau sesajen berisi janur, kue dan buah dalam ritual adat peringatan Hari Puputan Margarana di di Kabupaten Tabanan, Bali. Khususnya warga Desa Kelaci, Kabupaten Tabanan, mereka bahkan rutin menggelar ritual adat dalam rangkaian peringatan pertempuran 20 Nopember 1946 yang dikenal dengan perang Puputan Margarana itu. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/pras.

Umat Hindu melaksanakan persembahyangan di kawasan tugu pahlawan Taman Pujaan Bangsa Margarana. Kegiatan yang menjadi tradisi setiap tahun sejak 15 tahun lalu itu melibatkan sekitar 170 orang warga desa setempat. Mereka berkumpul, bergotong royong seperti halnya kegiatan upacara adat di Pura saat menggelar perayaan Hari Puputan Margarana. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/pras.

Warga mempersiapkan sesajen untuk ritual adat peringatan Hari Puputan Margarana di Desa Kelaci, Kabupaten Tabanan, Bali. Dengan menggelar dua upacara, yakni upacara adat dan upacara nasional itu mereka meyakini terciptanya harmonisasi sesuai ajaran agama Hindu. Selain itu rasa persatuan dan kesatuan di antara warga mereka juga dapat terjaga melalui kegiatan adat tersebut. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/pras.

Umat Hindu menggelar upacara penyucian kawasan dan arwah para pahlawan. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/pras.

Umat Hindu memasang Destaratau ikat kepala di sebuah tugu pahlawan Taman Pujaan Bangsa Margarana. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/pras.

Umat Hindu melakukan persembahyangan di tugu pahlawan I Gusti Ngurah Rai di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Tabanan, Bali. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/pras.

Umat Hindu menyiapkan sesajen di kawasan tugu pahlawan, Taman Pujaan Bangsa Margarana. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/pras.

Warga menaburkan bunga di depan tugu pahlawan I Gusti Ngurah Rai di Taman Pujaan Bangsa Margarana, Tabanan, Bali. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/pras.

Warga mengunjungi museum monumen nasional di Taman Pujaan Bangsa Margarana. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/pras.

Komentar

Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Berita Terkait