Batik khas Betawi di sanggar Terogong

  • Jumat, 21 Juni 2019 07:59 WIB

Dua pekerja menyelesaikan pembuatan batik khas Betawi di Sanggar Batik Betawi Terogong, Cilandak, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Batik betawi sendiri sering digunakan untuk acara-acara seperti pernikahan, pentas seni khas betawi, dan yang lainnya. Batik ini lebih menonjolkan warna yang cerah serta motifnya lebih menceeritakan tentang nilai dari budaya masyarakat betawi itu sendiri.. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pras.

Seorang pekerja menyelesaikan pembuatan batik cap khas Betawi di Sanggar Batik Betawi Terogong, Cilandak, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Motif batik Betawi lebih terfokus pada kesenian budaya Betawi yang dipengaruhi oleh budaya Arab, India, Belanda, dan Cina. Motif kuno batik betawi terbagi dari beberapa jenis, yaitu Ondel-ondel, Nusa kelapa, Ciliwung, Rasamala, dan Salakanegara. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pras.

Seorang pekerja menyelesaikan pembuatan batik khas Betawi di Sanggar Batik Betawi Terogong, Cilandak, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Ciri khas kain batik Betawi yaitu kain sarung dengan menonjolkan motif khas Tumpal, yaitu bentuk motif geometris segitiga sebagai barisan yang memagari bagian kepala kain dan badan kain. Saat dikenakan, Tumpal harus ada di bagian depan. Motif burung hong juga masuk dalam ciri khas batik betawi sebagai perlambang kebahagiaan. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pras.

Komentar

Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Berita Terkait