Antara Interaktif

Tiba-tiba croffle digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Orang-orang rela antre demi mendapatkanya. Yuk, tengok pembahasan tentang jajanan hasil perkawinan antara croissant dan waffle itu

Kisah croffle dan Kang Min-Kyung

Perpaduan rasa kue yang renyah namun lembut ini menjadi alasan mengapa croffle begitu digemari. Penganan ini mulai populer di Korea Selatan setelah namanya disebutkan dalam akun media sosial YouTube milik aktris sekaligus penyanyi asal Korea Selatan, Kang Min-Kyung.

Jajanan kekinian hasil dari perkawinan croissant dan waffle

Croffle merupakan contoh hasil inovasi makanan yang saat ini sedang populer. Jajanan ini adalah camilan yang termasuk ke dalam kategori kue-kue, nama croffle berasal dari penggabungan antara croissant dan waffle.

Fenomena croffle yang bikin antre di mana-mana

Croffle dikenal sebagai camilan kekinian yang disukai para pencinta kudapan gurih dan manis. Hingga saat ini peminat kue yang satu ini tidak mereda, beberapa orang rela mengantre maupun memesan melalui aplikasi pesan antar untuk mendapatkan camilan ini.

Kandungan Nutrisi pada Croffle

Menggeser jajanan viral lainnya selama pandemi

Selain croffle, terdapat cukup banyak camilan yang bertebaran di media sosial selama pandemi yang sudah berjalan selama kurang lebih dua tahun ini, di mana hal ini membuat makanan tersebut menjadi viral, dan langsung diburu oleh masyarakat. Diantaranya adalah, dessert box, garlic bread, dan lukumades.

Mengenal dessert box, makanan kekinian yang super manis

Sebelum croffle menjadi makanan kekinian yang naik daun, terdapat beberapa makanan yang viral sejak awal pandemi tahun 2020. Makanan tersebut salah satunya adalah dessert box. Dessert box merupakan kreasi kudapan yang memadukan antara krim, kue, biskuit, dan puding.

Korean Garlic Bread, roti asal Korea yang viral di Indonesia

Kemunculan Korean garlic bread pada awalnya berasal dari kota Gangneung yang berada di provinsi Gangwon, Korea Selatan. Roti ini kemudian mulai dijual sebagai jajanan street food di beberapa stasiun yang ada di kota Seoul seperti stasiun Gangnam dan Gonghan.

Lukumades, donat Unik dari Yunani

Jika pada topik sebelumnya makanan yang viral Indonesia berasal atau setidaknya berkaitan dengan Korea Selatan, makanan satu ini tidak memiliki keterkaitan dengan Korea. Makanan ini bernama loukoumades atau sering disebut juga lukumades.

Cara membuat croffle sendiri di rumah agar terhindar dari antre

Resep dan cara pembuatan croffle menjadi salah satu informasi yang paling dicari oleh masyarakat akhir-akhir ini. Banyak masyarakat tertarik untuk mencoba membuat croffle sendiri di rumah daripada harus keluar rumah dan mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli croffle, belum lagi, jika harus mengantre demi bisa menikmati makanan kekinian ini.

Jika Anda tertarik untuk membuat croffle sendiri, Anda bisa membuatnya dengan bahan-bahan sederhana. Melansir dari Cookpad, berikut ini adalah bahan dan alat yang Anda butuhkan beserta cara pembuatannya:

Varian Croffle yang perlu anda tahu

Croffle sebenarnya sudah ada sejak tahun 2017. Namun, croffle baru mulai naik daun di Indonesia semenjak lebih dulu tren di Korea Selatan setelah salah satu aktris sekaligus penyanyi asal Korea Kang Min-Kyung mengklaim croffle sebagai camilan favorit di kanal Youtube-nya. Setelah Kang Min-Kyung mengklaim hal tersebut, croffle mendadak ramai dicari banyak orang. Saat ini croffle sudah banyak dikembangkan dengan berbagai tambahan taburan sehingga croffle memiliki banyak jenis. Untuk Anda yang bingung ingin memesan jenis croffle yang mana, berikut adalah rekomendasi varian croffle yang mungkin bisa jadi pertimbangan untuk dicoba.

Buttermilk Fried Chicken & Croffle

Untuk Anda yang menyukai makanan berat, Buttermilk Fried Chicked & Croffle mungkin akan menjadi menu favorit. Croffle jenis ini akan memberikan sensasi rasa gurih dengan sedikit sentuhan manis. Selain dengan ayam goreng, croffle ini biasanya disajikan dengan tambahan telur goreng, burnt maple syrup, dan burnt onion ranch sauce.

Buttermilk Fried Chicken Croffle
Croffle Kayu Manis

Croffle Kayu Manis

Jenis kedua yang bisa Anda coba adalah croffle kayu manis. Rasa ini cocok untuk Anda yang menyukai cita rasa manis. Dengan taburan kayu manis di luar croffle menjadikan kue ini memiliki aroma wangi yang khas dan memiliki rasa manis sehingga seringkali menjadi favorit banyak orang.

Croffle polos

Croffle polosan ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan rasa keaslian croffle tanpa taburan. Seringkali juga diminati oleh orang yang tidak terlalu menyukai rasa manis atau orang yang tidak bisa memakan hidangan manis. Selain itu, croffle polos juga bisa Anda gunakan apabila ingin mengkreasikannya dengan menambahkan saus sendiri di luar saus yang ada di toko kue tersebut.

Croffle polos
Maple Croffle

Maple Croffle

Hampir sama seperti croffle polos, maple croffle merupakan jenis croffle yang disajikan dengan tambahan sirup maple. Sirup ini memiliki cita rasa seperti madu cocok untuk Anda menginginkan sedikit sentuhan rasa manis.

Saus Karamel Asin Croffle

Untuk Anda yang menyukai makanan dan minuman dengan cita rasa manis namun gurih, saus karamel asin pasti tidaklah asing di telinga. Saus ini memang memiliki rasa serta aroma yang unik, yakni perpaduan antara manis dan asin sehingga cocok sebagai teman untuk melengkapi taburan hidangan penutup.

Croffle polos

Wah, akhirnya masuk ke dunia rekomendasi nih, Sahabat Antara! Pasti Anda sudah tidak sabar bukan untuk mengetahui dimana saja rekomendasi croffle yang enak dan juga bisa dinikmati di tempat yang tentunya “instagramable” banget! Yuk langsung saja simak empat rekomendasi croffle yang wajib Anda coba!

Social Affair:
Menikmati croffle di tempat yang Instagenic

Salah satu tempat nongkrong favorit anak muda terdapat di Social Affair Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Melansir dari beberapa sumber media, kafe ini bernuansa asri, nyaman, dan segar.

Don Bakeshop:
Rasa berkelas dengan harga kaki lima

Rasanya yang lembut dibalut dengan krispinya tekstur saat digigit, menjadikan croffle di Don Bakeshop ini menjadi salah satu rekomendasi croffle yang wajib Anda coba!

Bakerman:
Rela antri dua jam cuman buat Croffle ini!

Apa yang menyebabkan Bakerman menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh pelanggan untuk mencicipi cita rasa croffle? Jawabannya adalah karena toko roti ini memiliki beberapa keunggulan dan keunikan.

Dear Butter:
Croffle paling terkenal

Nama Dear Butter sedang populer di kalangan para pencinta croffle. Bahkan orang-orang rela antre untuk mendapatkan croffle yang mereka inginkan. Croffle buatan Dear Butter memang menjadi yang paling terkenal saat ini.

Credit

PENGARAH
Akhmad Munir, Gusti Nur Cahya Aryani, Saptono, Teguh Priyanto

PRODUSER EKSEKUTIF
Sapto HP

PRODUSER
Panca Hari p

PENULIS
Farika Nur Khotimah

FOTOGRAFER
Reno Esnir

EDITOR DAN VIDEOGRAFER
Putri Hanifa, Egan Suryahartaji

EDITOR
Rayyan

PRODUSER VIDEO
Gracia Simanjuntak

RISET INFOGRAFIS
Hana Dewi Kinarina Kaban

DATA
Pusat data dan informasi Antara

WEB DEVELOPER
Y. Rinaldi