Kereta api sudah ada sejak 1867, membuat Indonesia menjadi negara kedua tertua di Asia setelah India yang memiliki transportasi kuda besi.

Mengenang sepur era kolonial

Gagasan awal pembangunan jalur kereta api nyatanya bukan diperuntukkan sebagai angkutan massal sebagaimana yang berlaku hari ini. Mulanya, kereta api dihadirkan untuk menunjang kegiatan eksploitasi pemerintah kolonial Hindia Belanda di Nusantara.

Baca selengkapnya

Dari uap hingga listrik

Bagian penting lain dalam sejarah perkeretapian di Nusantara ialah lokomotif. Keberadaannya sekaligus pula menjadi ciri perkembangan teknologi transportasi dalam negeri dari masa ke masa.

Baca selengkapnya

Stasiun bersejarah

Berikut beberapa stasiun bersejarah dalam perkembangan kereta api Indonesia.

Stasiun Tanggung

Stasiun ini merupakan stasiun pertama sekaligus tertua di Indonesia. Pembangunannya diinisiasi pada tahun 1864 dan diresmikan beroperasi oleh Gubernur Jenderal Ludolph Anne Jan Wilt Baron Sloet van de Beele pada tahun 1867.

Baca selengkapnya

Stasiun Jakarta Kota

Stasiun yang lebih dikenal dengan nama BEOS ini dibangun pada tahun 1870. Nama BEOS merupakan kependekan dari maskapai yang membangun stasiun tersebut, yakni Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij.

Baca selengkapnya

Stasiun Madiun

Jalur kereta api Surabaya-Madiun selesai dibangun oleh maskapai Staatsspoorwegen (SS) pada 1 Juli 1882, sekaligus menandai beroperasinya Stasiun Madiun.

Baca selengkapnya

Stasiun Sawahlunto

Tambang batu bara di Ombilin menginisiasi pembangunan jalur kereta api rute Pelabuhan Teluk Bayur-Sawahlunto yang dilakukan oleh maskapai Sumatra Staats Spoorwegen (SSS).

Baca selengkapnya

Stasiun Cibatu

Stasiun Cibatu selesai dibangun pada tahun 1889, sejalan dengan diresmikannya jalur kereta api yang menghubungkan Stasiun Cicalengka dengan Cilacap oleh maskapai Staatsspoorwegen (SS).

Baca selengkapnya

Wisata tempo dulu

Kereta api hari ini telah mengalami banyak kemajuan sejak pembangunan rel yang pertama. Perjalanannya dari masa ke masa sedikit banyak diabadikan oleh beberapa stasiun yang kini beralih menjadi museum.

Baca selengkapnya

Semangat transformasi
demi sepur yang lebih baik

Transformasi organisasi menjadi langkah ekstrim yang diambil oleh Kereta Api Indonesia demi menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan transportasi publik sekaligus pula mengubah wajah sepur menjadi lebih baik.

Baca selengkapnya

Sepur hari ini:
Angkutan primadona antarkota

Seolah tidak lekang dimakan zaman, peminat kereta api terus bertambah hingga hari ini. Tidak seperti pada beberapa dekade sebelumnya, kereta api kini bukan lagi hanya milik kelas masyarakat tertentu.

Baca selengkapnya

Jalan digital sepur Nusantara

Sejalan dengan tumbuhnya minat masyarakat terhadap kereta api, ada peningkatan yang senantiasa diupayakan Kereta Api Indonesia dari waktu ke waktu.

Baca selengkapnya

Jalan panjang seorang masinis

Perkembangan kereta api di Tanah Air tidak hanya membawa pengaruh terhadap tempat-tempat yang menjadi persinggahannya, namun juga masyarakat yang hidup dekat berdampingan dengan kereta api.

Baca selengkapnya
">

Di balik lancarnya perjalanan kereta api

Di balik lancarnya perjalanan kereta api, ada para petugas yang harus mengawasi betul waktu keberangkatan dan keselamatan jalur tiap-tiap kereta.

Baca selengkapnya

Terima Kasih

KAI
PT. Kereta Api Indonesia (KAI)


Bapak Ignasius Jonan

Credit

PENGARAH
Akhmad Munir, Gusti Nur Cahya Aryani, Saptono, Teguh Priyanto

PRODUSER EKSEKUTIF
Sapto HP

PRODUSER
Panca Hari P

CO-PRODUSER
Hana Dewi Kinarina

PENULIS
Hana Dewi Kinarina, Farika Nur Khotimah

VIDEO
Cahya Sari, Ahmad Muzdaffar Fauzan

PODCAST
Rully Yuliardi Achmad, Gunawan Wibisono, Fahrul Marwansyah

KURATOR FOTO
Hermanus Prihatna

FOTO
Fakhri Hermansyah, Antara Foto, Public Relations KAI

SUMBER DATA DAN WAWANCARA
KAI Daerah Operasional 1 Jakarta

DATA DAN RISET
Pusat Data dan Informasi Antara

WEB DEVELOPER
Y. Rinaldi