Upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI para pegawai BUMN dan peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Selatan (Sulsel), yang dilanjutkan dengan penyaluran dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) BUMN, yang digelar di halaman Kantor Wilayah PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), di Jayapura, Sabtu (17/8/2019).  PT BRI Persero Tbk menyerahkan bantuan sosial program pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) senilai Rp1 miliar lebih pada momentum peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Provinsi Papua.
Bantuan yang diserahkan secara simbolis usai Upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di lingkungan BUMN tersebut terdiri dari bantuan bagi SMN, bantuan elektrifikasi 50 rumah, bantuan pembangunan 25 unit MCK, bantuan sarana air bersih, bantuan bedah atau renovasi rumah masyarakat tidak layak huni, bantuan pasar murah BUMN Untuk Negeri, bantuan apresiasi pendidikan untuk siswa-siswi berprestasi, bantuan pemeriksaan kesehatan gratis dan bantuan padat karya tunai.
Penyerahan bantuan secara simbolis ini dilakukan oleh Direktur PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Priastomo, Asisten Deputi Data dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN Yuni Suryanto, didampingi Pimpinan Wilayah BRI Jayapura Gde Winata dan Kepala Audit Intern Wilayah Jayapura Bardiono.
Program SMN merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).
Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) Program SMN. Siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua. Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus mendatang. (Video: ANTARA/Laksa Mahendra)