Jakarta (ANTARA) - Mercedes-Benz memperkenalkan perangkat pengisi daya baru untuk mobil listrik, yakni Mercedes-Benz Wallbox, yang bisa dikontrol dari jarak jauh menggunakan aplikasi Mercedes Me.

Perangkat yang dioptimalkan untuk pengisian daya hingga 22kW tersebut bisa dipantau dengan aplikasi Mercedes Me, yang berfitur melacak status dan riwayat pengisian, meteran daya terintegrasi, hingga bisa dimatikan dan hidupkan dari jarak jauh.

Selain itu, secara teknis dimungkinkan untuk menerima pembaruan perangkat lunak over-the-air melalui koneksi Internet milik pelanggan di masa mendatang, kata Mercedes-Benz dalam pernyataan resminya, dikutip Senin.

Peluncuran pasar diharapkan pada April 2022 di Eropa dan berturut-turut di negara lain.

Baca juga: Mercedes-Benz jual 2,4 juta unit 2021, pasokan chip jadi alasan

Dengan Mercedes-Benz Wallbox baru, jaringan listrik cerdas di rumah sudah menjadi kenyataan sampai batas tertentu. Pengguna dapat menghubungkannya ke koneksi Internet mereka sendiri melalui kabel Ethernet atau WiFi.

Dengan cara ini, pelanggan dapat dengan mudah mengoperasikan wallbox dengan Mercedes me App di ponsel cerdas mereka--di mana pun mereka berada. Misalnya, mereka dapat mengontrol proses pengisian kendaraan mereka.

Wallbox mengontrol proses pengisian, menyesuaikan daya pengisian ke proses pengisian dan menghasilkan hingga 22 kW dalam tiga fase. Ini membuat pengisian daya berkali-kali lebih cepat daripada di soket rumah tangga konvensional.

Lampu LED multi-warna pada kotak dinding menunjukkan status proses pengisian daya saat ini. Komponen keamanan terintegrasi dari kotak dinding, dengan asumsi unit dipasang dengan benar, memberikan perlindungan tambahan terhadap arus gangguan untuk kendaraan dan instalasi rumah.

Mercedes-Benz Wallbox diharapkan akan tersedia di Jerman dan di banyak negara Eropa pada April 2022 di diler Mercedes-Benz. Di beberapa pasar, itu juga tersedia secara online di Mercedes-Benz Shop. Mitra pemasangan terpilih juga akan menawarkan Mercedes-Benz Wallbox.

Harga eceran yang direkomendasikan di Jerman adalah 990 Euro (termasuk 19% PPN) untuk Mercedes-Benz Wallbox, selain biaya untuk pemasangan profesional. Mitra pemasangan nasional masing-masing mendukung konsultasi dan pemasangan kotak dinding.

Peluncuran pasar wallbox akan berlangsung berturut-turut di negara-negara berikut selama beberapa bulan ke depan: Jerman, Swiss, Swedia, Denmark, Polandia, Belgia, Luksemburg, Belanda, Italia, Spanyol, Yunani, Rumania, Slovakia, Republik Ceko, Hongaria , Austria, Norwegia, Irlandia, Finlandia, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Estonia, Latvia, Lituania, Slovenia, Australia, Thailand, Selandia Baru, Prancis, Portugal, Meksiko.

Baca juga: Kendaraan listrik konsep Mercedes EQXX miliki jarak tempuh 620 mil

Baca juga: Perubahan nama Daimler AG tandai fokus baru perusahaan

Baca juga: Mercedes-Benz didenda 20,2 miliar won karena kecurangan emisi
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022