Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang melepas ekspor perdana 69 unit mobil All-new Honda BR-V ke negara-negara di Kepulauan Karibia, meliputi Barbados, Saint Lucia, serta Trinidad dan Tobago.

Agus dalam sambutannya pada acara pelepasan ekspor All-new Honda BR-V di PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC), Jakarta Utara, Rabu, mengapresiasi Honda Prospect Motor (HPM) selaku produsen yang berhasil melakukan ekspor perdana All-new BR-V. Pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat mampu menggunakan 80 persen komponen lokal untuk All-new Honda BR-V.

"Kami Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bahwa untuk produk All-new Honda BR-V yang akan diekspor hari ini telah memiliki komponen lokal sebesar 80 persen sehingga tidak salah apabila saya menyatakan bahwa mobil yang akan diekspor adalah mobil buatan Indonesia," ucap Agus.

Agus berharap melalui ekspor tersebut, ke depan Indonesia bisa menjadi basis produksi dan ekspor hub kendaraan bermotor, termasuk kendaraan elektrifikasi.

Selain itu, dirinya juga berharap Honda dapat memperluas pasar ekspor mereka, sehingga produsen otomotif asal Jepang tersebut bisa semakin banyak berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Ekspor ini merupakan awal pengiriman All-new Honda BR-V buatan Indonesia ke luar negeri. Selanjutnya, PT HPM juga akan menambah jumlah negara tujuan ekspor All-new Honda BR-V hingga sekitar 30 negara di seluruh dunia.

Secara total, PT HPM akan mengirimkan sebanyak 6.000 unit All-new Honda BR-V hingga Desember 2022 mendatang.

Presiden Direktur PT HPM Takehiro Watanabe mengaku bangga atas kesempatan untuk bisa membawa produk Honda kepada konsumen di luar Indonesia.

Dia mengatakan, Honda BR-V merupakan model istimewa karena dikembangkan melalui serangkaian riset terhadap selera dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Setelah disambut dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia, kami yakin All New Honda BR-V yang diproduksi dengan standar dan kualitas internasional dapat diterima di negara lain dengan baik," kata dia.

Sebelum Honda BR-V, HPM telah mengekspor Honda Brio ke negara Vietnam dan Filipina sejak tahun 2019. HPM juga telah mengekspor Honda Freed ke beberapa negara seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Afrika Selatan sejak tahun 2009 hingga 2014.

Selain mobil, HPM juga mengekspor komponen mobil sejak 1992 ke berbagai negara di antaranya Jepang, Thailand, Malaysia, Vietnam, Taiwan, India, Pakistan, Mexico dan Brazil.

Baca juga: Pabrik Suzuki Hungaria tangguhkan ekspor mobil ke Rusia dan Ukraina

Baca juga: Kemarin, ekspor mobil melalui Patimban hingga dampak truk ODOL

Baca juga: Presiden Jokowi optimis 2022 RI ekspor 180 ribu mobil dari Patimban
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022