Sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor dari sini kurang lebih 160 ribu, melihat progres 3 bulan ini kelihatannya bisa naik menjadi 180 ribu mobil untuk ekspor
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan optimisme Indonesia dapat mengekspor 180 ribu mobil sepanjang 2022 dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

"Sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor dari sini kurang lebih 160 ribu, melihat progres 3 bulan ini kelihatannya bisa naik menjadi 180 ribu mobil untuk ekspor," kata Presiden Jokowi di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat pada Selasa.

Presiden Jokowi berada di Pelabuhan Patimban untuk meninjau pelepasan ekspor mobil ke sejumlah negara. Turut hadir dalam peninjauan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi, dan pejabat terkait lainnya.

Pelabuhan Patimban sendiri mulai melakukan ekspor kendaraan pada 17 Desember 2021 dan hingga 8 Maret 2022 ekspor kendaraan utuh (CBU) telah mencapai 24.000 unit.

Baca juga: Presiden tinjau pelepasan ekspor mobil di Pelabuhan Patimban

"Pelabuhan Patimban sudah sejak Desember yang lalu, 3 bulan yang lalu, telah beroperasi dan saya senang setelah operasi, ekspor mobil dari Pelabuhan Patimban terus bergerak," ujar Presiden Jokowi.

Tujuan ekspor mobil-mobil tersebut adalah Filipina, Brunei Darussalam, Jepang, dan Vietnam.

"Saya kira ini awal, nanti akan dikembangkan ke negara-negara lain sehingga 1 bulan kurang lebih dari sini bisa diekspor 15 ribu mobil," ungkap Presiden Jokowi.

Presiden berharap dengan meningkatnya ekspor juga dapat menggerakkan perekonomian Indonesia.

Baca juga: Pelabuhan Patimban targetkan layani ekspor 160.000 kendaraan tahun ini

"Dan ini akan sangat bagus, artinya industri kita meski pandemi tetap bergerak terus, meski pandemi kita tetap ekspor terus dan kita harapkan ini akan ikut memberikan sumbangan kepada pertumbuhan ekonomi negara kita, dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," kata Presiden Jokowi.

Sejak diserahterimakan kepada PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI) pada Desember 2021, sudah dilakukan beberapa kali kegiatan ekspor dari Pelabuhan Patimban dengan tujuan ke Pelabuhan Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Singapura dan Jepang.

Pelabuhan Patimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), yang memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan perekonomian di wilayah Jawa Barat dan juga secara nasional.

Baca juga: Pelabuhan Patimban perkuat logistik Jawa
Baca juga: PT Pelabuhan Patimban Internasional resmi kelola Pelabuhan Patimban




 

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022