Jakarta (ANTARA) - Indonesia Boating Gathering (IBG) menjadi hal yang berbeda pada ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, guna memberikan kesadaran kepada masyarakat akan wisata bahari di Indonesia.

"Untuk kedua kalinya kita hadir, yang pertama pada 2019 dan sekarang kita di 2022 hadir di Hall A dan D, di mana lalulintas pengunjung cukup ramai, sehingga tujuan kita untuk memberikan edukasi dan informasi tentang wisata bahari cukup baik," ungkap Board of Supervisor CMSI, Mohamad Firman Santoso dalam keterangan resminya dikutip Jumat.

Pada kesempatan ini, IBG diikuti beberapa exhibitor yang diantaranya adalah Yamaha KBA, Suzuki Marine, Can-Am Seadoo, Marindo, Gladiator, Mutiara Fibrindo, dan WISE. Terdapat pula komunitas maritim yang terdiri dari Sea Kayak Indonesia, Stand Up Paddle Indonesia, Jakarta Paddle, Ayo Berlayar Indonesia, serta Kraken.

Meski negara dengan jumlah kepulauan yang banyak, tidak serta merta menjanjikan masyarakatnya untuk gemar bermain di laut. Hal itu, masih terlihat minimnya industri kapal boat dibandingkan dengan negara tetangga yang sudah lebih maju.
Indonesia Boat Gathering ramaikan IIMS Hybrid 2022 (ANTARA/Ho)

Kendati demikian, adanya wabah virus corona yang menyerang berbagai negara, termasuk Indonesia, menjadikan banyak orang yang merubah gaya hidup lebih sehat dan juga mencoba hobi-hobi baru dan salah satunya adalah di wisata bahari.

"Selama masa pandemi, industri kapal boat mendapatkan berkah juga dengan mengalami perkembangan yang pesat sehingga momentum ini kita gunakan untuk memajukan industri ini bersama-sama," kata dia.

Dalam kesempatan ini, dia juga mengatakan bahwa CMSI ikut bergabung dalam G20 Spirit untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi. Dalam hal ini, difokuskan kepada pariwisata bahari.

"IBG 2022 menjadi bagian dari kalender kegiatan G20 Spirit, dimana G20 Spirit adalah sebuah gerakan bersama untuk mengumpulkan semua pemangku kepentingan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendukung Indonesia yang saat ini memegang Presidensi G20," tutur dia.

Sebagai informasi tambahan, CMSI adalah sebuah badan hukum yang dikenal secara sah dengan nama "Yayasan Cipta Maritim Semesta Indonesia" yang telah terbentuk sejak 2007 silam dan banyak melakukan kerjasama dengan stakeholders yang bertujuan untuk membangkitkan ekosistem kemaritiman di Indonesia. 

Baca juga: BRP bawa sederet kendaraan petualang Sea-Doo & Can-Am di IIMS

Baca juga: Pasar sedan semakin menantang, ini spesifikasi MG 5 GT dan Civic RS

Baca juga: Skuter retro premium Royal Alloy TG150 mejeng perdana di IIMS 2022
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022