Jakarta (ANTARA) - General Motors Co (GM) akan memulai produksi SUV Chevrolet Tracker di Argentina pada Juli, kata pembuat mobil asal AS itu dan pemerintah Argentina.

Baca juga: GM kantongi izin tarik ongkos penumpang mobil swakemudi

Wakil presiden senior GM dan presiden GM Internasional Shilpan Amin membahas rencana produksi dengan Presiden Argentina Alberto Fernandez dalam pertemuan di Los Angeles, kata GM dan pemerintah Argentina.

"Tujuan perusahaan adalah untuk mengekspor kendaraan baru ke negara-negara Amerika Latin lainnya, terutama ke Brasil dan Kolombia, di mana 80 persen dari produksi akan ditujukan," kata pemerintah Argentina dikutip dari Reuters, Jumat.

"Pertemuan itu adalah kesempatan yang baik hari ini untuk memberi tahu pemerintah Argentina tentang kemajuan program penting ini dan manfaat ekonomi yang akan diberikannya ke negara itu," kata seorang juru bicara GM.

GM mengumumkan pada tahun 2017 akan menginvestasikan 300 juta dollar AS dalam operasinya di Argentina untuk membangun model Chevrolet baru di pabrik Alvear di provinsi Santa Fe di timur laut Argentina. Perusahaan menginvestasikan 740 juta dollar AS di pabrik antara 2014 dan 2016.

Produsen mobil tersebut meluncurkan produksi Chevrolet Tracker yang populer pada tahun 2020 di Brasil dan mulai mengekspor ke Argentina pada tahun yang sama.

Bagi Argentina, meningkatkan ekspor industri akan mendatangkan mata uang asing yang sangat dibutuhkan dan menopang cadangan bank sentral yang terpukul akibat melonjaknya inflasi dan ketidakpastian nilai tukar.

GM adalah salah satu dari 12 perusahaan yang membuat mobil di ekonomi terbesar ketiga di Amerika Latin. Produksi mobil tumbuh sebesar 33 persen di bulan Mei dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, sementara ekspor melonjak 34 persen.



Baca juga: GM pangkas harga Chevrolet Bolt hingga 18 persen

Baca juga: Tampang Chevrolet Silverado yang jadi mobil patroli polisi AS

Baca juga: GM gelontorkan dana iklan untuk kenalkan kembali Chevy Bolt EV
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022