Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pabrikan bersiap mengenalkan lini produk kendaraan listrik terbaru pada pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang dihelat pada 22-31 Juli di JIExpo Kemayoran, Jakarta dengan harga tiket mulai Rp30 ribu.

Baca juga: PEVS 2022 tampilkan deretan kendaraan resmi KTT G20

Project Manager PEVS 2022 Rudi MF dalam siaran pers Senin menyatakan, “Kami berharap perhelatan ini dapat dijadikan wadah rekreasi sekaligus edukasi, hadir dengan sederet program outdoor dan indoor yang pastinya dapat memberikan pengalaman baru bagi pengunjung."

DFSK, Wuling, Benelli, hingga Rakata menjadi beberapa brand otomotif yang telah menyiapkan peluncuran kendaraan listrik selama PEVS 2022. DFSK misalnya, jenama yang memiliki pabrik di Cikande, Banten itu akan menampilkan The First Commercial Electric Vehicle (EV) sebanyak dua unit, termasuk DFSK Gelora dan special display pada pameran itu.

Baca juga: PEVS 2022 diharapkan jadi panggung edukasi kendaraan listrik

Wuling Motors menghadirkan Wuling Air EV Yang Terdiri dari dua varian yakni Wuling Air EV Standard Range yang dibanderol dengan harga perkiraan Rp250 juta dan Wuling EV Long Range Rp300 juta.

Benelli - Keeway juga menyiapkan kendaraan untuk urban city, yakni Scooter EV dan kejutan lainnya. PT Artas Rakata Indonesia akan menggelar peluncuran dua produk baru yaitu Rakata NX3 Dan Rakata NX8. Sedangkan Davigo Artha Luas akan meluncurkan sepeda motor listrik Davigo Space.

Selain merek-merek tersebut, PEVS secara umum melibatkan puluhan pabrikan antara lain Erolis, K-EVCBU, Smuth EV dan Prestige (Renault, Tesla dan Taksi Terbang E-hang), Bus MAB, kereta gantung Aerobus dan line-up truck listrik dari Fuso. Ada juga Utility Vehicle Alke dan Glutton. Kendaraan roda Davigo, Gesits, Niu, Nozomi, Rakata, Regen, Selis, SMARTBY, Smoot, Trolis.

Sedangkan brand komponen pendukung EV yang terlibat adalah Abc Lithium, ACMIC, Alton, Camp, Birubatt, B&D, Element, Evolusi 3D, Groen, Oyika, Police, PMB, dan Vixmo hingga sederet produk lokal.

Kegiatan itu juga didukung perusahaan BUMN yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai Sponsor, Mandiri Tunas Finance (MTF) sebagai Official Leasing Partner serta Authenticity dan didukung oleh Garuda Indonesia.

Baca juga: PEVS 2022 tampilkan deretan kendaraan resmi KTT G20
Shuttle bus listrik MAB (Mobil Anak Bangsa). (ANTARA/HO)



Program Test Drive

PEVS 2022 menghadirkan arena uji coba indoor di mana pengunjung dapat mencicipi rasa berkendara kendaraan listrik secara langsung.

Di area "EV Track Zone" terdapat program Mini 4wd Championship, Push Bike Race & Remote Control Drift, Air Wheel Fun Ride, Electric Board Ride, EV Fest, EV Fun Rally, EV Riding, Formula Student Show Off, Test Drive & Ride outdoor area, dan VR Game.

Pameran juga menghadirkan program edukasi yang dikemas dalam bentuk seminar & talkshow dengan melibatkan berbagai narasumber mulai dari pabrikan hingga perwakilan pemerintah.

Baca juga: Moeldoko ajak produsen kendaraan listrik lokal pamer karya di PEVS

Tiket

PEVS 2022 dibuka tiap pukul 11.00 WIB hingga 21.00 WIB pada weekdays dan 10.00 WIB sampai 21.00 WIB di weekend. Harga tiket Rp30.000 untuk tiket weekdays (Senin-Kamis) dan Rp50.000 untuk tiket weekend (Jumat-Minggu).

Adapun untuk premium tiket pada hari pembukaan dibanderol Rp100.000 dengan jadwal masuk pukul 17.00-21.00 WIB. Pembelian tiket PEVS 2022 tersedia melalui online ticketing www.dyandratiket.com.

Terdapat porgram Free Ticket pada Hari Anak Nasional 23 Juli untuk anak di bawah usia 13 tahun. Untuk memudahkan akses, penyelenggara menyiapkan shuttle bus listrik MAB (Mobil Anak Bangsa).

"Hadirnya program special yaitu Test Drive & Ride dalam hall pertama di Indonesia juga diharapkan menjadi bukti bahwa kendaraan listrik merupakan solusi alternatif dalam mengurangi tingkat polusi yang selama ini menjadi problematika bagi seluruh elemen masyarakat.” ungkap Rudi MF.


Baca juga: Panasonic bangun pabrik baterai EV di Kansas

Baca juga: Luhut dukung percepatan penggunaan kendraan listrik

Baca juga: Luhut dukung percepatan penggunaan kendaraan listrik
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022