Jakarta (ANTARA) - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) distributor resmi Mitsubishi FUSO di Indonesia melakukan serangkaian langkah besar dengan mentransisikan produk truk Euro4 dan mengenalkan inovasi truk listrik eCanter, di tengah upaya mereka menjaga loyalitas konsumen secara berkesinambungan melalui berbagai layanan purna jual.

Meskipun menjalankan berbagai upaya secara bersamaan selama 2022, KTB meyakini bahwa loyalitas konsumen dapat terjaga jika perusahaan memberikan ragam produk unggulan, layanan purna jual prima hingga jaminan ketersediaan suku cadang.
 
Selain layanan purna jual dan produk unggulan, FUSO tak lupa memberikan apresiasi melalui kegiatan tahunan "FUSO Truck Campaign 2022" yang tidak hanya digelar satu-dua kali, melainkan menjelajah ke 31 kota dengan melibatkan 68 jaringan diler mulai Oktober hingga Desember 2022.

Nobukazu Tanaka, President Director PT KTB, mengatakan, Truck Campaign seperti layaknya pertemuan keluarga Mitsubishi FUSO. Melalui momen itu, konsumen dan produsen bisa bertukar pendapat terkait bisnis, kisah sukses, tantangan dan berbagi suka cita bersama.

"Dalam acara ini, KTB dan diler menjelaskan mengenai keunggulan produk FUSO yaitu Canter dan Fighter X yang telah mendapat penerimaan positif oleh konsumen dan pasar Indonesia dengan baik secara berkelanjutan," kata Nobukazu Tanaka beberapa waktu lalu.

Baca juga: Fuso Next Generation eCanter resmi diluncurkan secara global

Baca juga: Fuso jual 6.000 unit truk berstandar Euro 4 dalam tiga bulan


General Manager Sales Planning & Marketing Strategy Unit KTB Novian Taufik menjelaskan, event tahunan yang menjadi "reuni" para konsumen loyal FUSO itu diharapkan dapat merangkum aspirasi dari pengguna setia FUSO, sekaligus mengedukasi produk terbaru berstandar emisi Euro-4.

Di saat yang bersamaan, event itu juga dioptimalkan FUSO untuk mengenalkan produk unggulan, layanan purna jual yang prima, ketersediaan suku cadang guna membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan dengan produk Euro-4.

Kinerja terus naik
 


Pada Oktober 2022, General Manager Sales Planning & Marketing Strategy Unit KTB Novian Taufik menjelaskan bahwa transisi Euro2 menuju Euro4 disambut dengan kenaikan penjualan FUSO hingga 22 persen.

Adapun penjualan utama FUSO datang dari lini produk Fuso Canter dan Fuso Fighter X dengan komposisi 65 persen dan 35 persen. Dua truk itu populer di kalangan pebisnis karena mengakomodir kebutuhan di berbagai sektor, terutama perkebunan, pertambangan hingga logistik.

Transisi yang berjalan mulus itu juga membuktikan pengalaman KTB FUSO dalam menangani dinamika bisnis kendaraan komersial di Indonesia, di mana konsumen membutuhkan layanan purna jual yang lengkap dan cepat agar armada truk mereka bisa tetap beroperasi semaksimal mungkin.

Tiga teknologi baru FUSO Euro 4
 


Sebelumnya, Fuso telah mengenalkan 29 tipe truk terbaru itu meliputi 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X.

Sales & Marketing Director Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Duljatmono menjelaskan bahwa FUSO memiliki tiga teknologi baru yang disematkan pada truk Canter dan Fighter X berstandar Euro 4.

"Tiga teknologi utama pada mesin Fuso Euro 4 yaitu penggunaan mesin common-rail dengan ECU (electronic control unit), penambahan Diesel Oxidation Catalyst Muffler, dan Exhaust Gas Recirculation," kata Duljatmono.

Tiga fitur baru itu mampu mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide) sehingga emisi gas buang kendaraan lebih ramah lingkungan dan sejalan dengan kebijakan Euro 4.

Duljatmono bilang bahwa FighterX mendapat fitur variable geometry turbo untuk mengurangi turbolag pada mesin sehingga menghasilkan performa yang lebih responsif. Seluruh mesin Fuso bertandar Euro 4 hadir dengan torsi maksimal yang mampu dikeluarkan pada putaran mesin yang lebih rendah.

Suku cadang mudah
 


Terkait suku cadang, Duljatmono menjelaskan bahwa 80 persen suku cadang Canter dan Fighter X memiliki kesamaan dengan versi sebelumnya sehingga konsumen tidak perlu cemas terkait ketersediaan suku cadang.

Mitsubishi FUSO juga mempertahankan layanan Free Service yang selama ini diapresiasi konsumen, menambah fasilitas Parts Depo untuk menjamin ketersediaan pasokan suku cadang.

Baca juga: Strategi KTB jaga loyalitas konsumen FUSO di era Euro-4

Mitsubishi Fuso juga meningkatkan fungsi Mobile Workshop Service yang dilengkapi peralatan berteknologi tinggi untuk memeriksa kinerja mesin EURO 4 dan menyediakan mekanik profesional untuk melakukan perawatan unit-unit kendaraan di lokasi operasional.

Perusahaan turut memperkuat dukungan teknologi Runner Telematics yang ditingkatkan dengan fitur-fitur yang lebih lengkap.

FUSO eCanter mulai uji coba di Bali
 


Mitsubishi FUSO melakukan uji coba truk listrik ringan eCanter kepada konsumen dan perusahaan di Bali, efektif mulai Agustus 2022.

"Kami akan memulai Proof of Concept (uji coba) eCanter di Bali dengan konsumen, perusahaan yang berpengalaman. Kami memastikan akan mengambil langkah baru di era EV Indonesia," kata Presiden Direktur KTB Nobukazu Tanaka saat itu.

Truk listrik eCanter akan digunakan untuk mendistribusikan bahan baku ke pabrik dan mendukung pengiriman dengan rute di daerah Denpasar, Bali. Dari aktifitas itu, KTB dan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corp (MFTBC) berharap dapat mengumpulkan data dan masukan mengenai kebutuhan pelanggan dan tantangannya selama menggunakan truk itu.

eCanter adalah truk listrik yang diproduksi secara massal dan dikembangkan oleh MFTBC sebagai solusi masalah lingkungan perkotaan seperti kebisingan, gas buang serta emisi CO2.

Motor listrik eCanter menghasilkan lebih sedikit kebisingan dan getaran dibandingkan kendaraan bertenaga diesel konvensional, dan sangat cocok untuk rute dalam kota serta operasional malam dan dini hari.

Sejauh ini, lebih dari 350 kendaraan eCanter telah dikirimkan ke pelanggan di Jepang, Eropa, Australia, dan Selandia Baru, dan secara kolektif telah menempuh jarak lebih dari 4,5 juta kilometer di seluruh dunia.

Kolaborasi eCanter
​​​​​​​
 


FUSO turut menggandeng perusahaan logistik B-Log untuk melakukan uji coba (proof of concept/PoC) truk listrik ringan eCanter di Jakarta mulai September 2022.

Uji coba eCanter di Jakarta merupakan kelanjutan dari uji coba pertama yang dilaksanakan di Denpasar, Bali yang telah rampung pada Agustus 2022.

Melalui PoC itu, KTB berharap mendapatkan masukan lebih lanjut dari konsumen terkait kinerja truk listrik eCanter. Sampai hari ini, begitu banyak konsumen yang menunjukkan minat mereka untuk berkolaborasi dengan KTB.

KTB percaya, pendapat pelanggan yang beragam akan menjadi masukan berharga untuk eCanter di masa mendatang. Selain itu, uji coba tersebut menjadi kesempatan bagi operator dan pengemudi truk untuk mempelajari teknologi baru yang akan segera hadir di Indonesia.

Baca juga: Kinerja positif KTB Fuso di tengah transisi Euro 4

Baca juga: KTB bidik realisasi 4.500 unit selama "reuni" FUSO Truck Campaign

Baca juga: KTB gelar 43 acara Fuso Truck Campaign di 31 kota

 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022