Jakarta (ANTARA) - Produsen otomotif asal Korea Selatan, KIA secara resmi telah memperkenalkan EV9 untuk pasar otomotif Amerika Serikat (AS) yang akan tersedia pada kuartal keempat tahun ini.

Arena EV pada Jumat mengabarkan bahwa kendaraan ini direncanakan akan diproduksi secara lokal pada tahun 2024, yakni di West Point, Georgia. Setelah itu terjadi, ini akan menjadi Kia EV pertama yang dirakit secara lokal di AS.

Sayangnya banyak pihak harus menunggu pengumuman lain mengenai harga dan waktu yang tepat untuk ketersediaan pasar AS, serta detail trim khusus dan peringkat EPA. KIA masih belum bisa memberikan informasi tersebut lebih lanjut pada saat perkenalannya.

Baca juga: Hyundai dan KIA tarik ribuan kendaraan akibat permasalahan kelistrikan

Banyak yang berasumsi bahwa kendaraan listrik dari KIA ini akan menggunakan baterai standar 76,1 kWh dan dipasangkan dengan motor 160 kW (215 hp) yang menggerakkan roda belakang, dan baterai 99,8 kWh yang dipasangkan dengan motor tunggal.

Kendaraan ini memiliki jangkauan hingga 482 km dengan konfigurasi AWD vektor torsi motor ganda sebesar 283 kW (379 hp), dapat menghasilkan torsi 516 lb-ft. Mobil ini juga mampu berakselerasi dari 0-60 mph (0-96 km/j) hanya selama 5 detik.

Pada pengisi daya DC 350 kW, opsi baterai yang lebih kecil berubah dari 10 persen menjadi 80 persen dalam "kurang dari 25 menit".

EV9 akan tersedia "dari peluncuran dalam berbagai konfigurasi enam dan tujuh kursi", dengan ruang kargo hingga 81,9 kaki kubik di belakang baris pertama (20,2 kaki kubik dengan ketiga baris dinaikkan), hingga 5.000 lb. (2.267 kg).

Baca juga: Kia kenalkan SUV EV9 jelang diluncurkan di Korea Selatan pada Q2

Baca juga: SUV Kia EV9 akan tiba di AS pada paruh kedua tahun 2023

Baca juga: Penjualan Hyundai dan Kia di AS naik 18 persen pada kuartal pertama
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023