Cilegon (ANTARA News) - Diperkirakan puncak arus mudik Lebaran 1430 Hijriyah di Pelabuhan Penyeberangan Merak Cilegon Banten, akan terjadi nanti malam, peningkatan jumlah penumpang diperkirakan mencapai 10 sampai 15 persen dari tahun lalu dimana penumpang mencapai 134 ribu orang.

"Untuk kendaraan kemungkinan ada kenaikan sekitar 10 persen, sepeda motor tahun lalu saja sekitar empat belas ribu," kata Direktur Utama PT Indonesia Ferry Bambang Soerjanto kepada disela sela peninjauan kesiapan arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Merak Kamis dinihari.

Menurut Bambang dari pemantauannya para pemudik dari arah barat yang akan menyeberang ke Sumatra sudah mulai terlihat memasuki pelabuhan.

Untuk pengaturan pemudik yang menggunakan sepeda motor pihak PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak telah melakukan pengaturan jalur bagi sepeda motor.

"Tahun ini pemudik yang menggunakan sepeda motor akan kami arahkan ke dermaga empat, dari sana kami arahkan ke setiap dermaga," katanya.

Ditambahkannya apabila terjadi lonjakan telah disiapkan kapal khusus untuk mengangkut para pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Kita lihat situasinya, tetapi kami telah menyiapkan kapal penyapu kalau memang lonjakan sepeda motor sangat tinggi," ujar Bambang.

Data di PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, H-5 (Rabu 16/9) jumlah penumpang kapal fery tercatat 55.307 penumpang dengan jumlah keseluruhan kendaraan sebanyak 9.884 kendaraan. Sementara sehari sebelumnya atau H-6 jumlah penumpang keseluruhan penumpang tercatat 34.728 penumpang dan kendaraan 6.161 unit.

Pemantauan ANTARA hingga kamis dinihari, sempat terjadi antrian kendaraan yang datang dari arah Jakarta dan sekitarnya di pintu gerbang Tol Gerem hingga satu kilometer

Saat itu jumlah kendaraan yang menuju ke arah Pelabuhan Penyeberangan Merak mencapai diatas 50 kendaraan per menit.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009