New York (ANTARA News) - Harga minyak merosot pada Jumat waktu setempat di bawah tekanan sedikit penguatan dolar dan aksi untung dari kenaikan baru-baru ini. Kontrak berjangka utama New York, minyak mentah "light sweet" untuk pengiriman Oktober, menyusut 43 sen menjadi ditutup pada 72,07 dolar AS per barel.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman November turun 23 sen menjadi menetap di 71,32 dolar AS.

"Harga minyak telah menyerahkan beberapa kenaikan baru-baru ini dengan dolar AS menemukan beberapa pijakan," kata Mike Fitzpatrick dari MF Global seperti dikutip AFP.

Kontrak berjangka New York tetap di atas 72 dolar, di akhir dari rentang perdagangan sempit selama tiga minggu.

Apresiasi kecil dolar menekan minyak yang dihargakan dalam dolar, sehingga lebih mahal untuk para pembeli yang menggunakan mata uang lemah.

Namun, secara keseluruhan dolar cenderung melemahnya -- itu telah tenggelam mendekati terendah setahun terhadap euro -- harga telah mendukung minyak dan komoditas.

Minyak berjangka ditutup terutama datar pada Kamis, meskipun data ekonomi AS positif karena pasar muncul untuk mengambil nafas dari kenaikan baru-baru ini didorong oleh harapan pemulihan dari resesi global.

"Sebuah rakit data ekonomi AS positif, dari klaim pengangguran hingga perumahan baru, terus memberikan lebih banyak bukti dari sebuah pemulihan yang sedang berjalan, dan pertanda baik bagi prospek permintaan minyak dalam pandangan kami," kata Amrita Sen Barclays Capitals.

"Secara khusus, permintaan solar harus menjadi penerima manfaat utama dari meningkatnya kegiatan ekonomi di AS, dengan ledakan awal dari kegiatan `restocking` yang mengarah pada peningkatan tajam dalam permintaan solar melalui pergerakan lebih dari truk dan kereta api," katanya.

Sen mencatat ketergantungan "substansial" dalam persediaan solar AS yang akan terkikis untuk beberapa waktu.

Setelah ditutup sedikit di atas 69 dolar per barel seminggu yang lalu, kontrak New York mencapai 72,51 dolar pada Rabu, berkat data resmi mingguan menunjukkan penurunan besar cadangan minyak mentah AS.

Penurunan yang mengejutkan menambah pandangan bahwa pertumbuhan ekonomi AS, yang konsumen energi terbesar dunia, muncul dari resesi mendalam yang dimulai pada Desember 2007.

Penurunan ini dipandang sebagai indikasi bahwa permintaan minyak AS membaik, tetapi beberapa analis memperingatkan bahwa stok tetap besar dan harga tidak kembali ke tertinggi Juni. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009