Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres) Boediono, Kamis, mengatakan fokus perhatian Kabinet Indonesia Bersatu II adalah penyediaan listrik dan infrastruktur jalan.

"Fokus KIB II adalah penyediaan listrik dalam jumlah yang cukup besar," kata Wapres Boediono saat membuka pameran Sulawesi Expo di Jakarta, Kamis.

Wapres menilai, listrik adalah kunci, sehingga saat ini sedang dilakukan inventarisasi yang lebih cermat di setiap daerah soal pasokan dan kebutuhannya.

Menurutnya, ke depan harus ada inventarisasi yang lebih jelas, kapan dibangun pembangkit baru dan transmisi listrik yang baru. Selain itu, masalah pembiayaan.

"Jadi nanti memang harus ada upaya baru dalam pembiayaan agar bisa lebih luwes, dimana dunia usaha baik dalam maupun luar negeri itu bisa berpartisipasi," katanya seraya mengatakan itu harus dengan skema, upaya, proyeksi yang baik bagi pembiayaan.

Fokus pemerintah lainnya adalah infrastruktur jalan. "Jalan ini kita jadikan fokus karena begitulah kita bisa melihat keterkaitan antara satu daerah ke daerah lain. Yang paling murah adalah dengan jalan," kata Wapres. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009