Cirebon (ANTARA News) - Sebanyak 68 wisatawan asal Inggris yang berlibur menggunakan kapal pesiar yang berlabuh di pelabuhan Cirebon mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon, Selasa sore.

Menggunakan kapal pesiar bernama "Island Sky Nassau," para turis tiba di Pelabuhan Cirebon sekitar pukul 14.00 WIB disambut iringan musik "genjring" dari Keraton Kasepuhan Cirebon.

Setelah puas menikmati nyanyian yang diiringi tabuhan "genjring," para pelancong ini langsung dipersilakan menaiki becak wisata yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara "tour" menuju Keraton Kasepuhan.

Roselin (45), salah seorang turis asal inggris mengaku senang atas sambutan musik "genjring" tersebut karena sepanjang perjalannya baru kali ini mendapat sambutan berupa nyanyi-nyanyian yang diiringi alat musik tabuh tersebut.

"Ini perjalan saya yang pertama ke Cirebon dan mendapat sambutan yang berbeda dari yang lain. Dan saya sangat menyukainya," kata Roselin.

Selanjutnya para wisatawan asing ini mengunjungi keraton Kasepuhan dan segala macam peninggalan sejarah di museum selama sekitar tiga jam.

Ricky Johansyah, Director of MICE & Operation Bali Discpvery Tours mengatakan alasannya menjadikan Cirebon sebagai salah satu kunjungan wisata para turis ini adalah karena nilai historisnya dimana Cirebon merupakan pusat perniagaan yang cukup terkenal pada jaman penjajahan dulu dan tidak terlepas dari keterlibatan bangsa Inggris.

"Sebagian besar para turis ini adalah orang Inggris dan kami ingin memperkenalkan Cirebon sebagai salah satu daerah di Indonesia yang memiliki nilai historis sebagai kota niaga yang tergolong pesat saat jaman penjajahan dahulu. Dan dalam buku sejarah pun disebutkan dalam perkembangannya pelabuhan Cirebon juga tidak terlepas dari keterlibatan bangsa Inggris," kata Ricky.

Diakui Ricky, kunjungan wisatawan kapal pesiar ini merupakan yang pertama kali mengunjungi kota Cirebon. Namun Ricky berencana akan mengagendakan Cirebon sebagai salah satu tujuan wisata untuk paket wisata selanjutnya.

"Kami sudah mengagendakan Cirebon sebagai salah satu objek kunjungan wisata yang kami tawarkan. Kami menilai Cirebon punya potensi yang bagus sebagai objek wisata terkait budaya, kesenian daerahnya dan keratonnya," kata Ricky.

Rencananya, setelah mengunjungi Cirebon para wisatawan asing ini akan melanjutkan kunjungan wisatanya ke sejumlah daerah lain di Indonesia seperti Borobudur melalui Semarang, Probolinggo, Madura dan Bali.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010