Jakarta (ANTARA News) - Ranking jaringan teknologi informasi dan komunikasi Indonesia ternyata masih kalah dengan negara-negara ASEAN lainnya, bahkan dibawah Vietnam, demikian dilaporkan Forum Ekonomi Dunia dalam The Global Information Technology Report 2009-2010, Kamis (25/3).

Menurut laporan itu indeks jaringan Information and Communication Technology (ICT), yang dikaitkan dengan beberapa hal diantaranya dukungan terhadap perkembangan ekonomi negara, ranking Vietnam ada di peringkat 54, sedangkan Indonesia pada posisi 67.

Padahal, seperti yang dikutip dari laporan itu, Indonesia berada di dalam kelompok negara-negara berpendapatan menengah ke bawah (lower middle income), sementara Vietnam masih berpendapatan rendah (low income).

Selain Vietnam masih ada Singapura, Malaysia, dan Thailand yang berpringkat lebih tinggi dari Indonesia.

Singapura berada di peringkat dua, Malaysia di peringkat 27, dan Thailand di posisi 47.

Singapura termasuk dalam kelompok negara berpendapatan tinggi, Malaysia dengan pendapatan menengah, dan Thailand berpendapatan menengah ke bawah.

Laporan itu meliputi 133 negara di seluruh dunia dan bertujuan melihat peran teknologi informasi dalam bidang ekonomi, lingkungan hidup, dan pembangunan yang berkelanjutan.

Swedia menduduki peringkat pertama negara dengan jaringan teknologi informasi terbaik di dunia, diikuti Singapura, Denmark, Swiss, dan Amerika Serikat.

Kelima negara itu adalah lima negara dengan pendapatan tertinggi di dunia.

(Ber/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010