Jakarta (ANTARA News) - Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Partai Amanat Nasional, Amien Rais, mendukung Ketua Umum PAN Hatta Rajasa untuk menjadi calon presiden pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014.

"Ya, kami poles lah dari sekarang," kata Amien Rais di Rumah PAN, Jalan Warung Buncit, Jakarta, Senin.

Menurut Amien, Hatta Rajasa merupakan tokoh PAN yang paling bagus dan pantas untuk dicalonkan dibandingkan dengan kader PAN lainnya.

"Kalau dari kader PAN, dia (Hatta) itu memang orang yang sekarang ini paling terkemuka. Selain itu, ada Sekjen PAN Taufik Kurniawan, ada Drajad Wiobowo, tapi masih agak di bawah Hatta. Jadi, kalau kita bicara Hatta, calon yang paling kuat masuk akal," kata Amien.

Menurut dia, jika seorang politisi masuk dunia politik itu niatnya selain mengabdikan tenaga pikiran untuk bangsanya, tentu juga ada keinginan yang sifatnya individu untuk mencapai karir yang lebih baik.

"Nah, kalau sudah empat kali jadi menteri dan sekarang sebagai Menko Perekonomian, kemudian ingin lebih tinggi lagi itu amat masuk akal. Tapi, kalau dia milih jadi bupati itu jadi wagu," kata mantan Ketua Umum PAN itu.

Amien juga tidak akan merasa kecewa bila ada tokoh yang lebih hebat dari Hatta Rajasa untuk menjadi capres.

"Tiba-tiba ada yang nongol lebih dahsyat, misalnya, bisa saja. Apa pamor Pak Hatta akan tergusur itu tidak masalah," katanya.

Yang penting, kata Amien, selain sebagai tokoh yang sudah selayaknya menjadi capres, juga sangat tergantung pada perolehan PAN pada Pemilu 2014.

"Jadi, Pak Hatta akan dilihat nanti hasil PAN yang akan datang apakah bisa dua digit atau tidak, itu nanti. Kalau tidak sampai dua digit, tidak akan diusung sendirian, nanti PAN akan bergabung dengan partai apa, itu masih belakangan. Jadi, masih agak lama, to early lah," kata Amien.
(ANT134/D007)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010