Padang (ANTARA News) - Grup band muslim asal Amerika Serikat (AS) "Hip Hop Remarkable Current" dijadwalkan menggelar konser kemanusiaan untuk mengenang satu tahun bencana gempa 7,9 SR yang melanda Sumatera Barat pada 30 September 2009.

Keterangan Koordinator Konser "Hip Hop Remarkable Current", Iramady Irdja dikutip di Padang, Kamis, menjelaskan, konser akan digelar di lapangan terbuka hijau Imam Bonjol Padang pada 25 September 2010.

Konser diselenggarakan Kedutaan Besar AS untuk Indonesia dan Asosiasi Alumni Amerika (AAA) ini, juga dilanjutkan dengan silaturahmi konsulat AS dengan AAA bertempat di Lapau Gadang Padang pada hari yang sama, tambahnya.

Tujuan konser, menurut dia, untuk mengenang tragedi genmpa 7,9 SR Sumbar sekaligus mempererat hubungan Indonesia dan AS.

"Hip Hop Remarkable Current" merupakan salah satu grup band yang terkenal di AS saat ini dan para anggotanya berupakan warga muslim negara itu.

Gempa bumi berkekuatan 7,9 SR diikuti tanah longsor menguncang sejumlah wilayah di Sumatera Barat pada 30 September 2009 menyebabkan 1.195 orang meninggal, ribuan orang luka-luka dan puluhan ribu warga mengungsi.

Bencana itu menimbulkan total kerugian materil ditaksir mencapai Rp21,58 triliun dan kerugian terbesar dialami akibat kerusakan perumahan milik masyarakat yang mencapai 74 persen dari total kerugian.

Kerugian tersebut berdasarkan hasil verifikasi final yang menyebutkan sebanyak 249.833 unit rumah milik masyarakat rusak akibat gempa dan tanah longsor yang terdiri dari 114.797 unit rusak berat atau roboh rata dengan tanah, 67.198 unit rusak sedang dan 67.838 unit rusak ringan.(*)

(H014/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010