Jakarta (ANTARA News) - Mantan pelatih Timnas Indonesia Danurwindo mengatakan, tim Filipina memiliki lini pertahanan yang kuat, untuk itu Timnas Indonesia perlu berjuang ekstra membongkar agar dapat menciptakan gol.

"Dari yang saya amati pada pertandingan-pertandingan Grup B, Filipina memiliki sistem organisasi pertahanan yang bagus dan kuat. Ini yang harus dicermati oleh tim Indonesia saat menghadapi pertandingan semifinal nanti," katanya di Jakarta, Kamis.

Tim nasional Indonesia yang tampil sebagai juara Grup A AFF Suzuki Cup 2010 akan bertemu Filipina yang menempati peringkat kedua grup B sesuai hasil putaran terakhir pada Rabu malam di Vietnam.

Untuk partai semifinal tersebut tim Indonesia harus menjalani laga tandang ke Filipina pada 16 Desember, sedangkan Malaysia lebih dulu akan menjamu Vietnam (juara Grup B) pada 15 Desember.

Semifinal pertandingan (leg) kedua pada Sabtu (18/12) giliran Vietnam menjamu Malaysia dan Minggu (19/12) Indonesia vs Filipina.

Danur yang pernah malang melintang sebagai pelatih Timnas Indonesia mengatakan, keberhasilan Filipina menundukkan juara bertahan Vietnam 2-0 pada Minggu lalu sebagai bukti bahwa calon lawan Indonesia itu memiliki pertahanan yang bagus.

"Pertahanan mereka (Filipina) memang bagus, tapi secara kualitas, Vietnam masih berada di atas Filipina meski pun memiliki pemain-pemain naturalisasi," ujarnya.

Dengan melihat perbedaan kualitas tersebut, lanjutnya, tim Merah Putih memiliki kesempatan besar untuk bisa mengatasi Filipina untuk melangkah ke final keempat kalinya.

Danur yang pernah menangani Timnas PSSI Pra Olimpiade dan PSSI Primavera menyatakan Vietnam lebih difavoritkan lolos ke final dan bertemu Indonesia.

"Secara kualitas Vietnam lebih favorit lolos ke final. Saya yakin Pelatih Alfred Riedl akan cerdik mempersiapkan tim untuk mengatasi Filipina," ujar Danurwindo yang mengaku terus mengikuti sepak terjang seluruh tim-tim yang berlaga di AFF Suzuki Cup 2010.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010