Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik akan mengumumkan hasil program Visit Indonesia Year 2010 termasuk tercapai tidaknya target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tujuh juta orang.

"Pada akhir Desember akan ada malam apresiasi Visit Indonesia Year 2010, dan pada kesempatan itulah Menbudpar akan mengumumkan hasil dari program tahun kunjungan Indonesia tersebut," kata Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) Sapta Nirwandar di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan angka pasti jumlah kedatangan wisman karena hasil rekapitulasi untuk dua bulan terakhir masih dalam proses.

Data sementara yakni sepanjang Januari-Oktober 2010 sudah sebanyak 5.780.571 wisman yang berkunjung ke Indonesia sementara jumlah pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 233,4 juta.

Sampai tutup tahun, Sapta berharap angka kedatangan tersebut akan terus naik hingga target 7 juta wisman dapat tercapai bahkan terlampaui.

"Kami masih berharap pada November-Desember 2010 jumlah wisman akan stabil minimal sama dengan tahun lalu bahkan diharapkan melebihi," katanya.

Ia menambahkan, pada kesempatan malam apresiasi yang rencananya akan digelar pada 28 Desember 2010 di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Menbudpar sekaligus akan mengumumkan tema Visit Indonesia Year 2011 termasuk targetnya.

Sebanyak 500-600 undangan dari berbagai pemangku kepentingan sektor pariwisata akan hadir.

Acara akan dimeriahkan penampilan seni dan budaya yang akan dipimpin oleh koreografer Rama yang pernah menjadi asisten koreografer kondang Robert Wilson.

"Situasi tahun ini memang cukup berat khususnya dengan terjadinya beberapa bencana. Tapi kita tetap optimistis target akan tercapai," demikian Sapta Nirwandar.

(H016/R007/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010