Damaskus (ANTARA News) - Sebuah kapal bantuan yang didukung oleh aktivis-aktivis Asia akan berlayar ke Jalur Gaza dari Suriah, seorang jurubicara untuk kelompok Palestina yang bermarkas di Suriah mengatakan, Senin.

Asia 1 yang berbendera Sierra Leone sedang menunggu izin dari Mesir untuk berlayar ke pelabuhan El-Arish Mesir, tempat muatannya akan diangkut lewat darat ke Gaza, jelas Khaled Abdel-Majid pada AFP.

Beberapa organisasi amal Asia, sebagian besar dari India, berada di belakang prakarsa itu, dan kapal tersebut juga akan membawa puluhan aktivis dari negara-negara Asia, tambah Abdel-Majid.

Lebih dari 100 aktivis lain akan terbang ke Mesir dalam upaya untuk berhubungan dengan konvoi bantuan itu, katanya. Menurut dia, para aktivis itu berasal dari sejumlah negara termasuk Iran, Jepang, Pakistan dan Afghanistan.

Kapal itu akan membawa bantuan senilai satu juta dolar berupa obat, bahan makanan dan boneka dan juga empat bus serta 10 generator listrik untuk rumah sakit, kata pejabat Palestina tersebut.

Israel telah menerapkan blokade yang melumpuhkan Gaza sejak kelompok-kelompok Palestina menangkap salah seorang prajurit Israel pada Juni 2006.

Blokade itu diperkuat setahun kemudian setelah gerakan Islam Hamas merebut kekuasaan di wilayah kantung pantai itu menyusul pertempuran mematikan dengan kelompok Fatah pimpinan presiden Palestina Mahmud Abbas.

Israel melonggarkan blokade itu setelah serangan 31 Mei terhadap armada kapal bantuan yang menewaskan sembilan aktivis Turki dan memancing kutukan internasional.
(S008/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010