Minggu, 26 Oktober 2014

Pesona Upacara Tiga Bulanan di Gianyar

| 1.919 Views
id ngaben, gianyar
Pesona Upacara Tiga Bulanan di Gianyar
Gianyar (ANTARA News) - Desa Pekraman Kliki, Tegallalang, Gianyar, Bali menggelar upacara tiga bulanan massal, upacara buat para anak yang baru lahir itu akan dilaksanakan pada  28 Agustus 2010.

"Tradisi ini sudah kami lakukan sejak tahun 1965, dan kegiatan ini rutin dilakukan setiap tiga tahun sekali," kata Bendesa Pekraman Kliki, I Ketut Gara didampingi Ketua Panitia Upacara tiga bulanan massal I Wayan Serep, Selasa.

Ia menambahkan, untuk upacara tiga bulanan massal kali ini, sambung Gara diikuti 80 warga Keliki.

Upacara tiga bulanan massal ini merupakan salah satu rangkaian upacara ngaben massal yang akan digelar pada tanggal 25 Agustus 2010, serta untuk potong gigi massal yang dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus, katanya.

Saat ini, sambung Gara, untuk kegiatan ngaben massal diikuti oleh 82 sawa (mayat), sementara potong gigi massal diikuti 78 orang.

Khusus untuk kegiatan ngaben ini masing-masing sawa dikenakan biaya Rp2 juta, sedangkan untuk membantu kegiatan ngaben, potong gigi dan tiga bulanan massal, sebanyak 732 Kepala Keluarga (KK) warga desa Pekraman Kliki dikenakan biaya  berupa lima kilogram beras, lima butir telor dan lima butir kelapa, ucapnya. 

Uupacara massal itu sebagai bentuk bentuk kerjasama, rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Kegiatan ini sebuah bukti bahwa kehidupan gotong-royong ditengah masyarakat masih terjalin, ungkapnya. 
(ANT/A024)

 
 

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar Pembaca
Baca Juga