Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina (Persero) memutuskan pembatalan akuisisi saham secara tidak langsung PT Medco Energi Internasional Tbk.

Juru bicara Pertamina M Harun di Jakarta, Rabu mengatakan, kedua belah pihak sepakat tidak melakukan transaksi saham tersebut.

"Sampai akhir `exclusivity period,` kedua pihak telah bersepakat untuk tidak melakukan transaksi," katanya.

Namun, Harun enggan menjelaskan alasan pembatalan akuisisi tersebut.

Pertamina dan Encore International Limited (EIL) telah menandatangani "principles of agreement" sebagai tahapan pembelian saham EIL di Encore Energy Pte Ltd (EEPL).

Kedua belah pihak sepakat melanjutkan proses jual beli saham EIL di EEPL ke tingkat periode eksklusif yang akan berakhir 30 November 2010.

Harun mengatakan, periode eksklusif yang dimulai pada 15 Oktober 2010 tersebut dimaksudkan untuk mengevaluasi rencana transaksi jual beli porsi saham Encore Int?l Limited di Encore Energy Pte Ltd.

Apabila terealiasi, maka transaksi tersebut akan menjadikan Pertamina sebagai pemegang saham tidak langsung sebesar 27,9 persen Medco Energi.

Encore Int?l Ltd adalah perusahaan yang berkedudukan di British Virgin Island dan memiliki saham sebesar 60,6 persen pada Encore Energy Pte Ltd.

Encore Energy Pte Ltd (EEPL) adalah perusahaan yang berkedudukan di Singapore dan memiliki 50,7 persen saham pada PT Medco Energi Internasional Tbk.

PT Medco Energi Internasional Tbk adalah perusahaan yang berlokasi di Indonesia dan terdaftar pada Indonesia Stock Exchange (IDX) dan terlibat dalam bisnsi energi baik di Indonesia maupun di mancanegara.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010