Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terus memantau perkembangan situasi politik di Mesir termasuk pengumuman pengunduran diri Hosni Mubarak sebagai presiden.

Staf khusus Presiden bidang hubungan internasional Teuku Faizasyah kepada ANTARA Sabtu pagi mengatakan bahwa Kepala Negara memantau perkembangan politik dan situasi di negara itu melalui laporan duta besar RI di Mesir dan Menteri Luar Negeri.

"Presiden mengikuti terus perkembangan di Mesir dan juga mendapatkan laporan berkelanjutan mengenai perkembangan di sana dari Menlu RI dan Dubes RI di Kairo," kata Faiza.

Sebelumnya, Presiden memerintahkan evakuasi WNI di Kairo dan ribuan warga Indonesia sudah dievakuasi ketika situasi politik dan keamanan di Mesir memburuk.

Seperti diberitakan sejumlah media internasional, pada Jumat (11/2) petang waktu Kairo, Wapres Mesir Omar Suleiman mengumumkan pengunduran diri Hosni Mubarak melalui televisi nasional negara itu dan disambut gembira oleh ratusan ribu hingga jutaan demonstran yang menggelar aksinya sejak 18 hari lalu.

Unjukrasa dan bentrokan antardemonstran dan aparat keamanan telah menimbulkan banyak korban jiwa dan luka.

(P008/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011