Semarang (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono mengatakan Pramuka bisa menjadi salah satu wadah untuk membentuk karakter bangsa, sehingga kemajuan gerakan itu merupakan tanggungjawab semua elemen bangsa.

"Wadah Pramuka adalah untuk membentuk karakter bangsa. Saya bisa merasakan petapa pentingnya Parmuka untuk memberikan kontriobusi pembentukan karakter generasi muda," kata Wapres Boediono saat memberikan arahan pada Sosialisasi Nasional Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu.

Hadir dalam acara sosialisasi yang diadakan di Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Gubernur Jawa Tengah H Bibit Waluyo, serta Ketua Kwarnas Nasional Gerakan Pramuka Azrul Azwar.

Menurut Wapres,tujuan utama gerakan Pramuka adalah membina dan membentuk karakter terutama generasi muda.

Oleh sebab itu, lanjut Waptres, apa yang dilakukan ini harus merupakan tugas semua elemen bangsa.

Wapres menilai generasi muda adalah penerima estafet kehidupan bansga masa depan dan kalau mutu dan kualitas bangsa mau lebih baik maka generasi muda juga harus lebih baik.

"Ini adalah tugas kita semua dan kompoenan bangsa harus menyiapkan bangsa agar lebih baik lagi. Tidak ada yang lebih tanggungjawa kalau bukan generasi tua," tegas Boediono.

Boediono menggaris bawahi untuk memajukan gerakan Pramuka semua pihak harus ikut dan berkontribusi.

"Saya senang dan semangat ini sudah mulai tumbuh dan mantap apalagi dengan adanya UU yang baru ini," kata Wapres.
(*)

 


Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011