Shanghai (ANTARA News) - China akan melarang impor produk pertanian dari 12 daerah di Jepang, termasuk makanan, produk pertanian dan bahan pakan, menurut kantor berita resmi Xinhua, Sabtu.

Xinhua tidak merinci daerah mana saja yang terkena larangan itu.

Beberapa negara telah melarang impor pertanian dan hewan dari daerah-daerah dekat instalasi pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Jepang yang rusak karena khawatir terkontaminasi unsur radioaktif.

Kementerian Luar Negeri China, sebelumnya prihatin dengan langkah Jepang membuang air yang terkontaminasi radioaktif dari pembangkit nuklir yang rusak akibat gempa ke laut dan mendesak tetangganya itu untuk melindungi lingkungan laut.

"Sebagai tetangga Jepang, kami menyatakan keprihatinan yang kami alami tentang hal ini. Kami berharap bahwa Jepang akan bertindak sesuai dengan hukum internasional dan mengambil langkah-langkah efektif untuk melindungi lingkungan laut," kata juru bicara kementerian Hong Lei.

"China mengikuti dengan seksama perkembangan, dan pada saat yang sama melakukan penilaian khusus kami, dan akan terus mempertahankan hubungan dekat dengan Jepang. Kami meminta Jepang melaporkan
informasi yang relevan kepada China dengan cepat, komprehensif dan akurat."
Reuters/H-AK/S004

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011