London (ANTARA News) - Ribuan rakyat Inggris berencana mengibarkan bendera, melepas balon dan melipat meja demi erayakan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton Jumat ini.

Berikut beberapa rincian pernikahan agung Kerajaan Inggris dalam 80 tahun terakhir seperti dikutip Reuters.

Pernikahan Sebelum Perang Dunia Kedua

1923 - Pangeran Albert, Duke of York (kemudian menjadi Raja George VI) menikahi Lady Elizabeth Bowes-Lyon (kemudian menjadi Ratu Elizabeth, Ibunda Ratu) di Westminster Abbey, April 1923.

1937 - Raja Edward VII, dulunya bergelar Prince of Wales.  Secara resmi turun takhta pada 11 Desember 1936 karena menikahi Wallis Simpson, sosialita Amerika yang dua kali bercerai. Adik Edward menjadi Raja George VI.
       Pada Juni 1937 Edward dan Wallis Simpson menikah di Chateau de Cande, Loire Valley, daerah terpencil di Prancis.

Setelah 1945:

1947 - Westminster Abbey menjadi lokasi pernikahan Putri Elizabeth dan Pangeran Philip pada 20 November. Mereka pertama kali bertemu dalam pernikahan sepupu Pangeran Philip, Putri Marina dari Yunani, dengan Duke of Kent, yang merupakan paman Putri Elizabeth, pada 1934.

1960: Adik Ratu Elizabeth II, Putri Margaret dan Antony Armstrong-Jones (kemudian menjadi Earl of Snowdon) menikah 6 Mei tahun itu. Dia kemudian bercerai pada 1978.

1973 - Putri Anne, satu-satunya anak perempuan Ratu Elizabeth II dan adik putra mahkota Charles, menikahi Kapten Mark Philips. Pasangan itu memiliki dua anak, Peter, cucu pertama Ratu Elizabeth II, yang lahir pada 1977 dan Zara yang lahir tahun 1981.

Pernikahan itu retak pada 1989 dan mereka bercerai tiga tahun kemudian pada 1992. Pada tahun yang sama, Anne menikahi komandan angkatan laut kerajaan, Timothy Laurence (sekarang Laksmana Madya Laurence) yang pernah menjadi ajudan kerajaan, dalam upacara pernikahan pribadi di gereja Crathie, dekat Kastil Balmoral di Skotlandia.

1981 - Katedral St. Paul menjadi lokasi pernikahan mewah Pangeran Charles dan Lady Diana Spencer yang berumur 20 tahun yang mengalihkan suramnya ekonomi nasional waktu itu. Diana menjadi salah satu anggota kerajaan yang paling menarik perhatian.

Pernikahan ini mendatangkan kegembiraan bangsa, tetapi kehidupan perkawinan mereka kurang mulus dan pada akhirnya retak di tengah-tengah tuduhan perselingkuhan.

1986 - Pangeran Andrew, adik Charles, Duke of York, menikahi eksekutif penerbitan Sarah Ferguson.

Pernikahan itu berakhir pada 1992 setelah publikasi foto menunjukkan Sarah berada dalam pelukan pria lain, pria Texas John Bryan. Pernikahan itu menghasilkan dua anak perempuan Beatrice yang lahir pada 1988 dan Euginie pada 1990.

1999 - Pangeran Edward, putra termuda Ratu ELizabeth II merupakan satu-satunya anak ratu yang tidak bercerai. Dia menikahi eksekutif humas Sophie Rhys-Jones dan mereka kemudian digelari Earl dan Countess of Wessex. Anak pertama mereka yang bernama Louise Alice Elizabeth mary Mountbatten-Windsor lahir pada 2003, sedangkan putra mereka James Viscount Severn lahir pada 2007.

2005 - Pernikahan Charles, Prince of Wales dengan Nyonya Camilla Parker Bowles dilakukan di kapel St. George diikuti upacara sipil di Guildhall Windsor pada 9 April 2005.

Dua Pernikahan

2011 - Kira-kira 1.900 orang --mulai dari keluarga dan teman hingga pemimpin asing, diplomat, militer dan pekerja amal-- sudah diminta menghadiri pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton di Westminster Abbey pada 29 April.

Kurang lebih 650 orang akan berkesempatan menikmati resepsi makan siang bersama ratu di Istana Buckhingham, sementara kelompok terpilih yang terdiri dari 300 orang akan menikmati perjamuan makan malam yang diadakan ayah William, Pangeran Charles.

Pada 9 Maret, pihak Istana Buckhingham mengatakan, cucu Ratu Elizabeth, Zara Philips akan menikah bulan Juli ini. Anak perempuan Putri Anne dan suami pertamanya Mark Philips ini akan menikahi pemain rugby Inggris Mike Tindall pada 30 Juli di ibukota Skotlandia, Edinburgh. Pernikahan akan digelar di Canongate Kirk, gereja paroki kastil Edinburgh, dengan resepsi di Istana Holyroodhouse, kediaman resmi Ratu di
Skotlandia.(*)

Neny

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011