Jakarta (ANTARA News) - Presiden RI periode 2001-2004, Megawati Soekarnoputri, menyatakan kesediannya memenuhi undangan MPR guna menghadiri rapat paripurna Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 yang akan diselenggarakan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, pada 1 Juni 2011.

Wakil Ketua MPR RI, Hajriyanto Y. Thohari, mengatakan hal itu setelah pimpinan MPR RI berkunjung ke kediaman Megawati Soekarnoputri, di Jakarta, Senin, untuk menyampaikan undangan tersebut secara langsung.

Menurut Hajriyanto, pada saat dialog antara pimpinan MPR RI dan Megawati, Ketua Umum PDI Perjuangan itu menyatakan kesediaannya untuk menghadiri rapat paripurna peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, pada 1 Juni mendatang.

"Pada kesempatan tersebut Ibu Mega juga menyatakan kesediaannya untuk menyampaikan pidato pada rapat paripurna mendatang," katanya.

Selain mengundang Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri, pimpinan MPR RI juga akan mengundang secara langsung Presiden RI ke-3, BJ Habibie.

Rencananya, kata dia, pimpinan MPR RI akan mendatangi kediaman BJ Habibie untuk bersilaturahim sekaligus menyampaikan undangan secara langsung, pada Rabu (11/5).

"Kami akan mengunjungi kediaman Pak Habibie, mengundang beliau untuk hadir sekaligus meminta kesediaannya untuk berpidato," katanya.

Pimpinan MPR RI, selain mengundang para mantan presiden, juga akan mengundang para mantan Wakil Presiden, yakni Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan M. Jusuf Kalla, untuk hadir pada rapat paripurna MPR pada 1 Juni 2011.

Menurut Hajriyanto, undangan langsung dari pimpinan MPR RI sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para mantan pemimpin negara Indonesia.

"Pada silaturrahmi tersebut, sekaligus memberikan kesempatan untuk menyampaikan harapan dan masukannya dalam menyikapi kondisi dan permasalahan bangsa," katanya.
(T.R024/Z002)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011