Presiden FIFA kepada kami mengaku sangat memperhatikan perkembangan sepakbola di Indonesia. Karena itu mereka sangat menyayangkan PSSI tidak kunjung menyelesaikan masalahnya. Kuncinya, jangan sampai kisruh lagi
Jakarta (ANTARA News) - Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara Jackson Kumaat mengatakan bahwa organisasi sepak bola internasional (FIFA) berharap persepakbolaan di Indonesia tidak kisruh sehingga Indonesia bisa mengembangkan olahraga yang sangat digemari masyarakat tersebut.

"Saat kami bertemu Blatter (Presiden FIFA Joseph Blatter) dan Wakil Presiden FIFA Michel Platini, mereka mengatakan potensi industri sepak bola Indonesia sangat besar jika dapat dijalankan dengan baik," ujar Jackson dalam surat elektroniknya Jumat siang, mengenai pertemuannya dengan Blater.

Jackson yang menjabat sebagai Staf Khusus Bidang Investasi Gubernur Sulawesi Utara, bersama pengurus sepakbola usia U-23 (Sulut) Febian Sarundajang, bertemu Joseph Blatter di markas FIFA, Zurich, Swiss, Kamis waktu setempat.

Mengutip perkataan Blatter, Jackson mengungkapkan, untuk mencapai keberhasilan dalam mengembangkan industri sepakbola di Indonesia harus ada syaratnya. Salah satunya adalah kondisi sepak bola nasional harus stabil sehingga program-program pengembangan bisa dilakukan.

Sudah berbulan-bulan lamanya masalah di PSSI belum kunjung selesai, meski sudah dibentuk Komite Normalisasi PSSI. Agenda pergantian pengurus pun sampai saat ini belum jelas bagaimana akhirnya.

"Presiden FIFA kepada kami mengaku sangat memperhatikan perkembangan sepakbola di Indonesia. Karena itu mereka sangat menyayangkan PSSI tidak kunjung menyelesaikan masalahnya. Kuncinya, jangan sampai kisruh lagi," tandas Jackson.

Lebih lanjut Jackson menjelaskan, pihaknya berharap FIFA dapat mengembangkan generasi muda yang memiliki potensi di bidang sepakbola.

Jackson juga mempersilakan FIFA dan klub-klub sepak bola raksasa di Eropa untuk mendirikan sekolah sepak bola di Tanah Air, khususnya di Sulut.

"Kami sangat terbuka dengan kerja sama asing demi pengembangan sepak bola di Sulut. Seluruh daerah di Tanah Air tentunya "welcome" (menyambut baik) menerima dukungan dari FIFA," katanya menambahkan.

(Tz.U002)

Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2011