Jakarta (ANTARA News) - Panitia Kongres PSSI akan memperketat proses registrasi bagi delegasi yang akan menyalurkan aspirasinya dalam pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Komite Eksekutif (EXCO) PSSI periode 2011-2015 di Jakarta pada Jumat (20/5).

Pelaksanan Tugas Sekjen PSSI Joko Driyono di Jakarta, Selasa, mengatakan proses tersebut dilakukan untuk mengantisipasi delegasi ganda seperti yang terjadi saat Kongres PSSI di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

"Rabu (18/5) adalah batas akhir bagi pemilik suara untuk memasukkan nama-nama delegasi yang berhak menyalurkan hak suaranya," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, selain untuk mengantisipasi jumlah delegasi ganda, proses registrasi awal yang dilakukan juga akan digunakan untuk menentukan jumlah kartu pengenal yang akan dicetak.

Sesuai dengan aturan yang ada, kata dia, yang berhak menyalurkan hak pilih pada Kongres PSSI adalah pemilik suara sah yaitu Ketua Pengurus Provinsi (pengprov) atau Sekretaris Pengprov dan Ketua Umum klub atau Sekretaris klub.

Adapun jumlah pemilik suara yang berhak menyalurkan hak pilihnya sebanyak 101 suara yang terdiri dari 33 pengprov, 16 klub ISL, 16 klub Divisi Utama, 14 klub Divisi Satu, 12 klub Divisi Dua dan 10 klub Divisi Tiga.

"Kami menginginkan semua pemilik suara secepatnya mengirimkan nama-nama delegasi agar bisa secepatnya diproses. Kami tidak ingin terjadi kesalahan pada saat kongres nanti," kata pria yang juga anggota Komite Normalisasi itu.

CEO PT Liga Indonesia itu menjelaskan setelah proses registrasi tuntas, seluruh delegasi sudah diharapkan datang ke lokasi kongres di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (19/5). Proses "check in" dimulai pukul sejak pagi dan diharapkan tuntas pukul 17.00 WIB.

Setelah itu, kata dia, pada malam harinya seluruh calon tetap baik calon ketua umum, wakil ketua umum dan anggota EXCO akan dikumpulkan di Hotel Le Meridien guna menerima penjelasan seputar aturan main pelaksanaan kongres PSSI.

"Untuk kongres akan dimulai pukul 14.00 WIB, Jumat (20/5) hingga selesai. Yang jelas persiapan telah dilakukan dengan baik meski saat ini ada beberapa hal yang belum tuntas salah satunya masalah kepastian delegasi dari Sumatra Utara," katanya.

Ditanya berapa banyak delegasi yang telah memasukkan nama-nama yang dipastikan hadir dalam kongres, Joko mengaku baru menerima sekitar 22 nama. Meski demikian pihaknya optimistis jika semua akan tuntas sesuai dengan jadwal.(*)
(T.B016/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011