Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden RI Boediono dan Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh membicarakan sejumlah agenda diantaranya tentang Komunitas ASEAN dalam pertemuan kedua pemimpin di Istana Wapres di Jakarta.

Wapres menerima kunjungan Menhan Vietnam di Istana Wapres Rabu. Menurut Deputi Sekretariat Wakil Presiden Bidang Politik, Dewi Fortuna Anwar, dalam pertemuan antara Wapres RI dan Menhan Vietnam, topik pembicaraan yang menjadi perhatian adalah soal Komunitas ASEAN.

Dewi menuturkan, Wapres menyambut baik hubungan baik Indonesia dan Vietnam dan berharap dalam mewujudkan Komunitas ASEAN, negara-negara ASEAN membangun kapasitas bersama.

"Wapres menyatakan dalam membangun Komunitas ASEAN, negara-negara ASEAN harus semakin membangun kapasitas bersama untuk menyelesaikan masalah-masalah bersama supaya lebih mandiri, diantaranya dalam bidang pertahanan dan keamanan," kata Dewi mengutip pembicaraan antara Wapres RI dan Menhan Vietnam.

Dalam pertemuan tersebut, Wapres RI dan Menhan Vietnam juga membicarakan tentang kerja sama yang semakin baik antara kedua negara.

"Menhan Vietnam didampingi pejabat dari Vietnam membicarakan kerja sama yang sudah semakin baik antara Indonesia dan Vietnam baik secara bilateral maupun lingkup ASEAN," katanya yang ditemui setelah pertemuan.

Ia menjelaskan, pada 2010 Menhan Indonesia dan Menhan Vietnam telah menandatangani Nota Kesepahaman dalam rangka meningkatkan bidang pertahanan dan keamanan diantara kedua negara. Kedepan, pada 2012 rencananya akan dilakukan patroli terkoordinasi angkatan laut kedua negara untuk meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan laut.

"Mulai 2011 ini mereka melakukan persiapan dan 2012 mulai `coordinated patrol`," katanya.

Lebih lanjut Dewi menuturkan, hubungan Indonesia dan Vietnam sangat bagus, tidak ada masalah serius kecuali untuk permasalahan nelayan ilegal dari Vietnam. Dengan patroli terkoordinasi ini, diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut.

Sebelumnya, Indonesia telah melakukan patroli terkoordinasi dengan angkatan laut Singapura dan Malaysia.

Sementara itu, Menhan Vietnam Phung Quang Thanh datang ke Indonesia untuk menghadiri pertemuan Menteri Pertahanan se-ASEAN yang berlangsung di Jakarta, Kamis (19/5).

(H017/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011