Pembangunan jembatan ini salah satu upaya penambahan akses jalan karena pertumbuhan kendaraan saat ini sangat tinggi.
Jakarta  (ANTARA News) - Tiga dari enam jembatan yang akan dibangun Pemprov DKI telah siap dibangun dimana tiga jembatan itu telah menyelesaikan tender dan akan memasuki tahap penyusunan kontrak pada awal Juli mendatang.

"Untuk Jembatan Marunda, Jembatan Muara Angke, dan Jembatan Pluit Utara, sudah diperoleh calon pemenang. Awal Juli sudah bisa tanda tangan kontrak," ujar Wakil Kepala Dinas PU DKI Jakarta Novizal di Jakarta, Jumat.

Sementara tiga jembatan lainnya yaitu "flyover" akses terminal Pulogebang saat ini dalam tahap pra kualifikasi dan jembatan "on-off rem fly over" Kampung Melayu-Tanah Abang sisi barat dan timur dalam tahap lelang yang diikuti oleh sebanyak 17 peserta.

"Targetnya semua jembatan selesai dikerjakan (tendernya) pada Desember," kata Novizal.

Ia mengatakan rata-rata penawaran peserta lelang sebesar 80 persen dari harga yang ditetapkan.

Dinas PU DKI Jakarta menganggarkan dana sebesar Rp150 miliar untuk flyover akses terminal Pulogebang, jembatan Marunda dianggarkan sebesar Rp40 miliar, Jembatan Muara Angke sebesar Rp7 miliar dan Jembatan Pluit Utara sebesar Rp15 miliar.

Sedangkan untuk on-off rem flyover Kampungmelayu-Tanahabang sisi barat dan timur dianggarkan masing-masing sebesar Rp30 miliar sehingga total anggaran untuk proyek ini sebesar Rp212 miliar yang dialokasikan dari APBD DKI 2011.

"Pembangunan jembatan ini salah satu upaya penambahan akses jalan karena pertumbuhan kendaraan saat ini sangat tinggi," kata Novizal.

Dari enam jembatan itu, tidak semuanya merupakan proyek baru dimana sebagian merupakan program pembangunan lanjutan tahun lalu seperti Jembatan Marunda dan Jembatan Pluit Utara serta ada juga yang akan dikerjakan secara "multi years" seperti jembatan terminal Pulogebang yang akan dikerjakan hingga tahun 2012.

(T.A043) (ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011