London (ANTARA News) - Indonesia dan Norwegia merayakan peringatan ke-10 berlangsungnya Dialog Hak Asasi Manusia (HAM) kedua Negara yang dihadiri Menteri Luar Negeri Norwegia, Jonas Gahr Stre, dan Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Duta Besar Retno Marsudi, mewakili Menteri Luar Negeri RI.

Dialog kali ini mengambil tiga tema utama yang dibahas secara rinci dalam tiga Kelompok Kerja atau working group yaitu kelompok HAM dan Sektor Keamanan, kelompok Hak Anak, dan kelompok ketiga Interfaith Dialogue dan Culture of Tolerance, , ujar Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Oslo, Febby Fahrani kepada Antara London, Rabu.

Dalam acara pembukaan dialog HAM , Menteri Luar Negeri Norwegia Jonas Gahr Stre menekankan bahwa Dialog HAM RI-Norwegia merupakan a cornerstone di dalam hubungan bilateral kedua negara. "Diperlukan gagasan kreatif dan perluasan kerjasama baru di bidang HAM dalam rangka memperkuat dialog HAM," ujarnya.

Dikatakannya hubungan bilateral yang sangat baik antara Indonesia dan Norwegia merupakan platform untuk memperkuat kerjasama di bidang HAM.

Ia menyambut gembira bahwa selama ini banyak kerjasama yang dihasilkan sebagai tindaklanjut Dialog HAM RI-Norwegia. Kedua negara sepakat untuk memperkuat kerjasama bilateral di bidang HAM secara lebih terfokus dan result-oriented.

Dialog HAM kali ini diikuti 21 peserta Norwegia dan 24 peserta Indonesia yang berasal dari wakil Pemerintah, milier dan kepolisian, serta wakil dari masyarakat madani.
(ZG)



Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011