Batam (ANTARA News) - Sebanyak 40 orang mualaf Kota Batam mengikuti Musabaqah lil Muallafati Qullubihim II tingkat Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau yang digelar oleh Kementerian Agama setempat di Masjid Agung Batam, Rabu.

Kepala Kementerian Agama Kota Batam, Zulkifli Aka mengatakan pemenang akan mewakili Kota Batam dalam MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau pada 25 Juni 2011.

"Kegiatan ini merupakan ajang seleksi menuju MTQ tingkat Provinsi pada tahun ini," kata dia.

Menurut Zulkifli, MTQ untuk mualaf ini merupakan salah satu program yang digalakkan Kemenag Kota Batam melalui organisasi Ikatan Persaudaraan Mualaf (IPM) Kota Batam.

"MTQ khusus bagi mualaf ini digelar secara rutin setiap tahun dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan pemahaman keagamaan para mualaf," kata dia.

Ia berharap, berbagai kegiatan yang digelar akan mempertebal keyakinan mualaf dalam menjalankan syariat agama Islam.

Di samping itu, kata Zulkifli, Kementerian agama Kota Batam telah menyiapkan beberapa program pemberdayaan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan keluarga mualaf di Kota Batam.

"Kementerian Agama juga berupaya meningkatkan perekonomian para mualaf," ucap Zulkifli.

Dalam waktu dekat, kata dia, Kementerian Agama Batam akan membentuk lembaga keuangan Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) khusus bagi mualaf.

Kejuaraan serupa tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang diselenggarakan di Asrama Haji Batam 16-18 April 2010 dimenangi kontingen Kabupaten Lingga.(*)

(ANT-292/A013)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011