Yogyakarta (ANTARA News) - Sebanyak 68 mahasiswa yang berasal dari 16 negara akan mengikuti program musim panas bagi mahasiswa internasional bertajuk "Dream 2011" yang diselenggarakan Kantor Urusan Internasional Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

"Ke-16 negara itu, antara lain Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Argentina, Australia, Selandia Baru, Namibia, Mesir, China, Jerman, Jepang, Thailand, Rusia, Amerika Serikat, Belgia, dan Vietnam," kata Ketua Panitia "Dream 2011", Putri Paramita Agrotansia, di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, "Dream 2011" yang berlangsung selama 10 hari mulai 26 Juni hingga 6 Juli 2011 itu mengangkat tema kewirausahaan sosial. Tema itu selaras dengan misi  UGM untuk berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat global.

"Kegiatan itu ingin mengenalkan pendekatan kewirausahaan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan sosial yang muncul di tengah masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan peserta dalam program itu meliputi aktivitas akademik, kunjungan ke sejumlah tempat, dan pertemuan dengan beberapa lembaga swadaya masyarakat.

Selain kegiatan akademik, menurut dia, peserta juga akan diikutkan dalam kegiatan kunjungan lapangan untuk mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia pada umumnya dan Yogyakarta pada khususnya.

"Peserta juga akan dilibatkan dalam kegiatan short internship di organisasi lokal yang ada di Yogyakarta. Kegiatan juga sekaligus sebagai wadah bagi generasi muda di Indonesia untuk menunjukkan partisipasinya dalam forum internasional," katanya.

Ia mengatakan, "Dream 2011" merupakan penyelenggaraan yang ketiga kali. Hasil evaluasi setelah penyelenggaraan pada 2009 dan 2010 menunjukkan "Dream" telah mampu memfasilitasi terbentuknya jaringan antarmahasiswa secara internasional.

"Bahkan, alumni dari `Dream 2009` dan `Dream 2010` sering diminta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di beberapa negara untuk menjadi ujung tombak promosi Indonesia," katanya menambahkan. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011